- Advertisement -
PendidikanTeknologi

127 ilmuwan dari 21 negara akan melakukan penelitian di laboratorium Turki

TURKINESIA.NET – ANKARA. Sebanyak 127 ilmuwan dari 21 negara akan melakukan penelitian di laboratorium Turki sebagai bagian dari program beasiswa internasional untuk penelitian luar biasa, Menteri Industri Turki Mustafa Varank mengatakan pada hari Rabu [24/07].

Dari 127 ilmuwan tersebut, 98 di antaranya merupakan ekspatriat Turki, sisanya dari AS, Inggris, dan Jerman.

November lalu, Turki telah mengumumkan program fellowship untuk menarik para peneliti tingkat atas ke negara itu.

Berbicara di sebuah acara di Dewan Riset Ilmiah dan Teknologi Turki (TUBITAK) di Ankara, Varank mengatakan para peneliti tersebut dipilih di antara 243 pelamar milik 100 universitas global, lembaga sektor publik dan swasta terkemuka.

Dia mengatakan para peneliti yang dipilih telah bekerja di perusahaan-perusahaan internasional terkemuka seperti Amazon, Apple, Bosch, Siemens dan lembaga penelitian termasuk CERN, CNRS dan Max Planck Institute.

Menteri mengatakan Maret lalu banyak peneliti dari lembaga akademis terkenal dunia seperti Harvard, MIT, Stanford, Oxford, Cambridge, Imperial College, dan Yale melamar program Turki lainnya.

Varank menunjukkan bahwa program tersebut dilakukan dalam koordinasi dengan TUBITAK yang telah mendukung 236.000 ilmuwan sejak tahun 2002.

[adinserter block=”1″]

“Minat dan aplikasi untuk program ini menunjukkan kepercayaan terhadap Turki,” kata Varank.

Dari 127 ilmuwan terpilih, 108 akan bekerja di universitas negeri dan yayasan, 11 di lembaga sektor swasta, tujuh di program penelitian, dan satu di lembaga publik.

Kriteria seleksi untuk program ini termasuk pengalaman kerja di salah satu dari 100 universitas terbaik di dunia, studi ilmiah dengan jumlah referensi tertinggi, dan partisipasi dalam studi ilmiah tingkat tinggi dan pusat penelitian bergengsi di luar negeri, tambahnya.

[adinserter block=”1″]

Baca juga  Kendaraan tempur Ejder Yalcin Turki jadi andalan NATO & pasukan perdamaian PBB

Program ini bertujuan untuk mendukung dan menarik para peneliti yang memenuhi syarat dengan prestasi ilmiah dan teknologi terkemuka untuk berkontribusi pada bidang strategis yang berharga bagi Turki. [Anadolu Agency]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: