Thursday, July 25, 2024
Internasional

3 orang ditangkap atas kecurangan dalam Pemilu Turki

Turkinesia.net – Agri. Otoritas Turki telah membuka proses hukum terhadap tiga orang yang berusaha untuk memberikan suara curang untuk Partai Rakyat Demokratik (HDP) pro-PKK di provinsi Ağrı di Turki timur.

Proses hukum juga telah dibuka terhadap pengamat HDP yang diduga mendukung upaya penipuan.

Terdakwa berusaha memberikan suara menggunakan kertas suara palsu yang diduga mereka salin dari internet, menurut sebuah pernyataan.

Pejabat mengidentifikasi kertas palsu karena mereka tidak membawa segel oleh dewan pemilihan.

“Proses hukum telah dimulai terhadap orang-orang yang berusaha untuk melemparkan kertas suara palsu dan pengamat HDP yang diam-diam menempatkan kertas suara palsu ke dalam saku mereka,” kata kantor gubernur.

Di distrik Suruç ofanlıurfa tenggara, empat orang ditangkap karena dugaan kecurangan suara.

Selama hari pemilihan, delegasi resmi dari Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama (OSCE), Majelis Parlemen dari Dewan Eropa (PACE) dan Shanghai Cooperation Organization (SCO) akan memantau prosedur pemungutan suara seperti menghitung, casting dan merekam proses pemilihan tanpa mengganggu papan pemungutan suara.

Para pengamat akan menyiapkan laporan dengan memantau proses kampanye, mengenai partisipasi pemilu dan apakah standar pemilihan internasional ditegakkan.

Enam kandidat bersaing di pemilihan presiden Turki sementara delapan partai politik, termasuk dua aliansi, mengambil bagian dalam pemilihan parlemen.

Enam kandidat mencalonkan diri sebagai presiden: Recep Tayyip Erdoğan untuk aliansi (Aliansi Rakyat) yang dibentuk oleh Partai AK yang berkuasa di Turki dan MHP, Muharrem Ince untuk CHP, Selahattin Demirtaş untuk HDP, Meral Akşener untuk Partai Good (IYI), Temel Karamollaoğlu untuk Partai Felicity (Saadet) dan Doğu Perinçek untuk Partai Patriotik (Vatan). [Daily Sabah]

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x