Thursday, July 25, 2024
Internasional

Erdogan: PBB hanya melayani negara pemilik hak veto

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Presiden Erdogan mengatakan organisasi internasional, seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Dewan Keamanan PBB, tidak melayani kepentingan kaum tertindas di dunia, tetapi lebih berfungsi untuk melayani dan melindungi kepentingan lima anggota tetap PBB.

Pernyataan tersebut disampaikan di Sidang Menteri Ke-34 yang dihadiri oleh anggota Komite Tetap untuk Kerjasama Ekonomi dan Komersial Organisasi Kerjasama Islam (COMCEC), di Istanbul (28/11).

“Kami telah melihat berulang kali bahwa konsep-konsep seperti demokrasi, hak asasi manusia dan kebebasan hanya berarti sesuatu ketika melayani kepentingan mereka,” tambah presiden.

“Pengalaman menyakitkan, kekecewaan, dan standar ganda ini terletak di balik keberatan kami bahwa ‘dunia lebih besar dari lima,'” kata Erdogan, mengacu pada frasa yang biasa digunakannya bahwa “dunia lebih besar dari lima.”

Turki sebelumnya telah menyuarakan keprihatinannya atas struktur badan PBB, mengatakan bahwa struktur tersebut harus lebih inklusif, direstrukturisasi dan direformasi untuk melayani kepentingan komunitas global secara keseluruhan, berdasarkan kebutuhan hari itu. [DS]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x