Saturday, July 13, 2024
Internasional

Turki tetapkan 3 kriteria pembelian rudal Patriot AS: Harga, tanggal kirim dan transfer teknologi

TURKINESIA.NET – ANKARA. Juru Bicara kepresidenan Turki Ibrahim Kalin pada 15 Januari menyatakan bahwa Ankara menetapkan tiga syarat terhadap pembelian rudal Patriot AS.

“Kami memiliki tiga kriteria mendasar; satu adalah harga, yang kedua adalah tanggal pengiriman dan yang ketiga adalah transfer teknologi dan produksi bersama. Jika kondisi ini dipenuhi, rudal Patriot dapat dibeli. Jika kondisi ini tidak terpenuhi, negosiasi akan terus berlanjut,” ungkap Kalin.

Turki mengatakan akan membeli sistem Patriot dari AS tetapi tidak dengan syarat membatalkan sistem S-400 dari Rusia.

Tidak ada hubungan antara pembelian S-400 dan Patriots, kata pembantu presiden İbrahim Kalın pada 15 Januari.

“Turki dapat membeli segala jenis teknologi militer dari negara mana pun, dalam lingkup kepentingan keamanan nasionalnya. Adapun penawaran Patriot, ini adalah proses negosiasi. Kami sedang mendiskusikan seberapa banyak tawaran memenuhi kebutuhan kami,” katanya.

Kalın juga menekankan bahwa tawaran tentang Patriots, yang akan jatuh di belakang tawaran S-400, tidak akan membuat jalan bagi banyak kemajuan.

“Ada satu titik yang telah kami capai dengan S-400, dalam hal harga, tanggal pengiriman dan produksi bersama,” katanya.

AS telah lama mendesak Turki untuk membatalkan rencananya untuk membeli sistem rudal anti-balistik S-400 buatan Rusia senilai $ 2,5 miliar karena akan membahayakan keselamatan jet tempur F-35 generasi kelima, yang dijuluki sebagai pesawat tempur siluman. Khawatir bahwa kombinasi baterai S-400 dan jet F-35 Turki akan memberi Rusia kesempatan untuk mempelajari lebih dekat pesawat AS dan mengambil langkah-langkah untuk mengalahkannya.

Sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Pentagon pada November 2018 telah menyarankan mencoret Turki dari program produksi F-35 jika Turki tidak membatalkan rencana pembelian S-400. [Hurriyet]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x