Thursday, July 25, 2024
BilateralInternasional

Pemimpin dari berbagai negara ucapkan selamat kepada Erdogan atas kemenangan partainya

TURKINESIA.NET – ANKARA. Para pemimpin dari berbagai negara dunia pada hari Senin [01/04] mengucapkan selamat kepada presiden Turki atas kemenangan partainya dalam pemilihan lokal.

Para pemimpin tersebut menghubungi Presiden Recep Tayyip Erdogan setelah hasil tidak resmi menunjukkan Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK) memenangkan hampir 45 persen suara dalam pemilihan lokal hari Minggu, menurut sumber-sumber kepresidenan Turki.

Para pemimpin yang memberi selamat kepada Erdogan di antaranya Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev, Presiden Serbia Aleksandar Vucic, Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Ketua Presidensi tripartit Bosnia-Herzegovina Milorad Dodik, mantan anggota etnis Bosniak dari Kepresidenan Bosnia-Herzegovina Bakir Izetbegovic, Presiden Guinea Alpha Conde, Perdana Menteri Albania Edi Rama, Presiden Iran Hassan Rouhani dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

[adinserter name=”Block 1″]

Selain itu, Perdana Menteri Pakistan Imran Khan dalam cuitan Twitternya pada hari Senin menulis: “Saya senang untuk memberi selamat kepada Sahabat Pakistan, Recep Tayyip Erdogan atas kemenangan penting lainnya dalam pemilihan lokal Turki.”

“Rakyat Pakistan berharap beliau lebih sukses,” tambahnya.

Di Turki sendiri, Ketua partai oposisi, Partai Gerakan Nasionalis (MHP), Devlet Bahçeli, serta mantan Perdana Menteri Tansu Çiller dan Mesut Yılmaz juga mengirim ucapan selamat ke Erdogan.

Partai AK yang berkuasa memimpin pemilihan lokal yang telah berlangsung akhir pekan lalu, menguasai 15 kota metropolitan (kota besar) dan 24 kota, menurut hasil awal pada Senin pagi.

[adinserter name=”Block 1″]

Kandidat Partai AK mendapat dukungan dari 44,42 persen pemilih, mengalahkan saingan utamanya dari Partai Rakyat Republik (CHP) yang memperoleh  30,07 persen. CHP  memenangkan pemilihan walikota di 11 kota metropolitan dan 10 kota.

Pada hari Minggu jutaan warga Turki memberikan suara dalam pemilihan lokal untuk memilih walikota, anggota dewan kota, mukhtar (pejabat lingkungan), dan anggota dewan tua untuk lima tahun ke depan. [Daily Sabah]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x