Saturday, July 13, 2024
Internasional

Wapres Oktay: AS harus pilih antara Turki atau teroris

TURKINESIA.NET – ANKARA. Wakil Presiden Fuat Oktay pada Rabu [03/04] mengatakan Amerika Serikat harus memilih antara tetap menjadi sekutu Turki atau memihak pada teroris.

“Amerika Serikat harus memilih. Apakah negara itu ingin tetap menjadi sekutu Turki atau mempertaruhkan persahabatan kita dengan bergabung dengan teroris untuk merusak pertahanan sekutu NATO melawan musuh-musuhnya?” cuit Oktay di akun Twitter-nya.

Pernyataan itu muncul sebagai tanggapan atas cuitan Wakil Presiden AS Mike Pence, di mana dia mengatakan bahwa Turki harus memilih apakah ingin tetap menjadi mitra penting NATO, atau melanjutkan pembelian sistem pertahanan rudal S-400 Rusia.

“Turki harus memilih. Apakah dia ingin tetap menjadi mitra penting dalam aliansi militer paling sukses dalam sejarah atau ingin mengambil risiko keamanan kemitraan dengan membuat keputusan sembrono yang merusak aliansi @NATO kita?” kata Pence.

[adinserter block=”1″]

Pence juga menegaskan bahwa AS menunda pengiriman peralatan dan material F-35 ke Ankara.

Turki bergabung dengan Program F-35 Joint Strike Fighter pada 2002 dan telah menginvestasikan lebih dari USD1,25 miliar dan juga memproduksi berbagai suku cadang pesawat untuk semua varian dan pelanggan F-35.

Menyusul upaya untuk membeli sistem pertahanan udara dari AS yang berlarut-larut tanpa hasil, pada 2017, Ankara memutuskan untuk membeli sistem pertahanan udara S-400 Rusia.

Namun, keputusan Turki untuk mendapatkan S-400 menyebabkan hubungan dengan AS menjadi tegang secara signifikan.

[adinserter block=”1″]

Para pejabat AS menyarankan Turki membeli sistem rudal Patriot AS daripada S-400, dengan alasan bahwa armada Rusia itu tidak sesuai dengan sistem NATO, dan akan mengekspos F-35 terhadap kemungkinan bocornya informasi rahasia penting tentang jet itu.

S-400 adalah sistem rudal anti-pesawat jarak jauh Rusia yang paling canggih dan dapat membawa tiga jenis rudal yang mampu menghancurkan target termasuk rudal balistik dan rudal jelajah. [Anadolu Agency]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x