Saturday, July 13, 2024
Internasional

Beban biaya F-35 meningkat hampir 10% setelah Turki dikeluarkan dari program

TURKINESIA.NET – ANKARA. Beban biaya produksi jet F-35 akan meningkat hampir 10% setelah AS memutuskan untuk menangguhkan Ankara dari program jet tempur tersebut, kata Kepala Kepresidenan Industri Pertahanan (SSB) pada hari Kamis [18/07].

Pada hari Rabu Amerika Serikat mengatakan akan mengeluarkan Turki dari program jet F-35 karena telah membeli sistem pertahanan S-400 Rusia.

Ankara telah memesan lebih dari 100 jet tempur dan perusahaan-perusahaan pertahanan Turki juga terlibat dalam memproduksi beberapa komponen penting untuk pesawat tersebut.

Berbicara kepada wartawan di Ankara, Ismail Demir mengatakan negara-negara lain yang terlibat dalam program F-35 akan menghadapi biaya tambahan $ 7-8 juta per jet dan tertundanya pengiriman sebagai akibat dari langkah tersebut.

Demir mengatakan, perusahaan-perusahaan Turki akan mengevaluasi cara untuk mengkompensasi kerugian akibat dikeluarkannya Turki dari program. Dengan kompensasi tersebut, Turki akan memperbaharui industry pertahanannya dan sebagai hasilnya sector tersebut akan lebih kuat.

Demir juga mengatakan AS sedang berhati-hati menggunakan kalimat. Mereka memilih untuk menggunakan “penangguhan” daripada “pengusiran”.  Menurutnya, kata “pengusiran” memiliki serangkaian implikasi kontrak yang berbeda.

“Sejauh ini, kami memenuhi semua pembayaran dan tugas kami dalam program F-35. Ini adalah keputusan sepihak yang tidak termasuk dalam perjanjian apa pun. Kami sedang menunggu keputusan untuk diformalkan,” katanya.

Demir mengatakan Turki akan terus berinvestasi di sektor pertahanan untuk lebih mengembangkannya guna memenuhi kebutuhan pertahanan negara tanpa perlu kepada negara lain.

[adinserter name=”Block 1″]

“Program jet tempur nasional kami berjalan tanpa masalah. Proyek ini akan dipercepat,” katanya, menambahkan bahwa Turki akan mengevaluasi alternatif untuk jet F-35.

“Semua opsi ada di atas meja.” [Daily Sabah]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x