Friday, July 19, 2024
Internasional

Terungkap, NATO simpan 50 bom nuklir di Pangkalan İncirlik Turki

TURKINESIA.NET – ANKARA. Ada lebih dari 150 bom nuklir yang disimpan di lima pangkalan militer NATO Eropa, menurut laporan yang diterbitkan oleh surat kabar Belgia Het Laatste Nieuws.

Menurut salinan dokumen yang sekarang telah diubah yang diterbitkan pada hari Selasa [16/07], 50 bom nuklir ini disimpan di pangkalan militer AS İncirlik di provinsi Adana, selatan Turki.

150 bom itu disimpan di enam pangkalan AS dan Eropa: Kleine Brogel di Belgia, Büchel di Jerman, Aviano dan Ghedi-Torre di Italia, Volkel di Belanda, dan Incirlik di Turki, menurut laporan yang sama.

Dokumen yang baru-baru ini dirilis – dan kemudian diubah – diterbitkan oleh badan yang berafiliasi dengan NATO, berjudul “Era baru untuk pencegahan nuklir? Modernisasi, kontrol senjata dan pasukan nuklir sekutu,” diterbitkan pada bulan April. Dokumen tersebut membahas masa depan kebijakan pencegahan nuklir organisasi tersebut.

Laporan NATO yang sensitif mengungkapkan bahwa bagian penting dari inventaris ini terdiri dari hulu ledak nuklir B61, yang dapat dibawa oleh AS dan pesawat terbang sekutu. Bom nuklir B61 adalah peralatan nuklir terbaru yang dikembangkan oleh AS yang diperkirakan memiliki hasil ledakan hingga 170 kiloton.

Setelah menolak menyerahkan jet F-35 generasi ke-5 kepada Turki dengan dalih Ankara telah membeli S-400 buatan Rusia, AS dapat mengerahkan hulu ledak nuklir B61 yang terpasang pada jet tempur F-35 di langit Turki.

Israel adalah satu-satunya negara di Timur Tengah yang memiliki jet tempur operasional F-35.

AS telah mengerahkan armada F-35 ke pangkalan militernya di Qatar dan Uni Emirat Arab, dan ke pangkalan yang ada di pulau Siprus. [Yeni Safak]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x