Friday, July 19, 2024
InternasionalTimur Tengah

Sekjen PBB umumkan pembentukan komite konstitusional Suriah

TURKINESIA.NET – WASHINGTON. Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada Senin mengumumkan pembentukan sebuah badan untuk menyusun konstitusi baru bagi Suriah setelah lebih dari delapan tahun mengalami perang yang menghancurkan negara dan rakyatnya.

Guterres mengatakan komite konstitusi dapat dan harus menjadi awal dari proses politik untuk mengakhiri konflik yang menghancurkan.

“Dengan senang hati saya mengumumkan persetujuan Pemerintah Republik Arab Suriah dan Komisi Negosiasi Suriah untuk Komite Konstitusi yang kredibel, seimbang dan inklusif yang akan difasilitasi oleh PBB di Jenewa,” ujar dia dalam sidang Majelis Umum ke-74 di New York.

Guterres mengatakan peluncuran dan kerja komite konstitusi harus disertai dengan tindakan nyata untuk membangun keyakinan dan kepercayaan diri.

Dia juga berterima kasih kepada Turki, Rusia dan Iran atas upaya diplomatik untuk membentuk kelompok itu.

Pada KTT tentang Suriah yang dihadiri oleh Turki, Rusia dan Iran awal bulan ini, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan para peserta akan mendesak komite konstitusi untuk mulai bekerja sesegera mungkin.

Amerika Serikat menyambut baik pengumuman Guterres, dengan mengatakan bahwa meskipun masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, keputusan itu tetap merupakan langkah yang mendorong pencapaian solusi politik.

“Rezim Assad harus menerima keinginan rakyat Suriah untuk hidup dalam damai dan tidak terancam oleh kekerasan yang ditargetkan, penahanan sewenang-wenang, kelaparan dan kebrutalan,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Morgan Ortagus dalam sebuah pernyataan.

Dia menambahkan bahwa serangan kejam rezim Assad dan sekutunya terhadap warga Suriah yang tidak bersalah di Idlib harus segera dihentikan agar krisis kemanusiaan berakhir dan proses politik bisa terus berlanjut.

Sumber: Anadolu Agency Indonesia

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x