Thursday, July 25, 2024
AmerikaInternasional

Pasukan AS diperkirakan mundur jika Turki luncurkan operasi militer di Suriah

TURKINESIA.NET – ANKARA. Pemerintahan Donald Trump kemungkinan akan menarik semua personel militer AS dari Suriah jika Turki meluncurkan operasi militer ke wilayah timur Sungai Eufrat, Wall Street Journal melaporkan pada hari Jumat [04/10].

Mengutip pejabat anonim AS, laporan itu mengatakan, Washington melihat “semakin banyak bukti” bahwa operasi Turki akan segera terjadi.

“Ini badai yang sempurna, ini benar-benar jelek. Mungkin tidak ada pilihan selain pergi,” kata seorang pejabat.

Sejak lama, para pejabat Turki telah menyatakan bahwa Ankara tidak akan mengizinkan hadirnya kelompok teroris Unit Perlindungan Rakyat (YPG) yang berafiliasi dengan PKK di sepanjang perbatasannya. Pengerahan besar telah dilakukan ke wilayah tersebut oleh tentara Turki dalam beberapa bulan terakhir, menandakan bahwa penyerangan akan segera terjadi.

Sumber lain mengatakan, para pejabat semakin khawatir bahwa keputusan Turki akan datang dengan tiba-tiba dan dapat membuat pasukan AS lengah karena peringatan apa pun bisa muncul kurang dari 48 jam sebelum Ankara mengambil tindakan apa pun.

“Tampaknya semakin mungkin berdasarkan tindakan yang mereka ambil di selatan Turki.”

Pada 7 Agustus, pejabat militer Turki dan AS sepakat untuk membuat zona aman dan mengembangkan koridor perdamaian. Koridor yang akan membentang dari Sungai Efrat ke perbatasan Irak itu untuk memfasilitasi kembalinya pengungsi Suriah yang saat ini tinggal di Turki ke negara asal mereka dan memberikan keamanan bagi pemukiman perbatasan Turki dan pos-pos militer.

[adinserter block=”1″]

Perjanjian tersebut juga mempertimbangkan untuk menyiapkan langkah-langkah keamanan yang diperlukan untuk mengatasi masalah keamanan Turki, termasuk membersihkan zona yang dikuasai YPG.

Presiden Recep Tayyip Erdoğan dan pejabat Turki telah berulang kali memperingatkan AS dalam beberapa minggu terakhir bahwa kerja bersama di zona aman yang diusulkan itu tidak “membuahkan hasil,” dan bahwa setiap upaya lebih lanjut untuk menunda kemajuan akan membuat Ankara mengambil tindakan sepihak. [Daily Sabah]

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x