Friday, July 19, 2024
EropaInternasional

Yunani ingin kirim 10.000 migran kembali ke Turki pada tahun 2020

TURKINESIA.NET – ATHENA. Pemerintah Yunani setelah pertemuan kabinet darurat pada hari Senin [30/09], mengatakan bahwa mereka ingin mengirim 10.000 migran kembali ke Turki pada akhir tahun 2020.

Sehari setelah kebakaran mematikan di sebuah kamp migran di pulau Lesbos, Yunani, sebuah pernyataan kabinet mengatakan bahwa Athena akan meningkatkan angka dari “1.805 yang dikembalikan dalam 4,5 tahun di bawah pemerintahan Syriza sebelumnya”

Untuk mengurangi jumlah migran ilegal di rute Laut Aegean yang berbahaya, Turki dan Uni Eropa menandatangani perjanjian pada 2016. Kesepakatan tersebut menetapkan bahwa Yunani akan mengirim migran yang ditahan di pulau-pulau Aegeannya kembali ke Turki. Sebagai imbalannya, Turki akan mengirim migran Suriah yang ditampungnya ke berbagai negara Uni Eropa.

Menurut kesepakatan itu, Turki dijanjikan total 6 miliar euro dalam bantuan keuangan, yang pada awalnya dirancang untuk diberikan kepada negara dalam dua tahap dan digunakan oleh pemerintah Turki untuk membiayai proyek-proyek bagi para pengungsi Suriah. Kebebasan visa bagi warga negara Turki juga diberikan berdasarkan perjanjian tersebut.

Sebagai imbalan atas janji-janji ini, Turki mengambil tanggung jawab untuk mencegah migrasi ilegal melalui Laut Aegea dengan mengambil langkah-langkah lebih keras terhadap penyelundupan manusia dan memperbaiki kondisi lebih dari 3 juta warga Suriah yang tinggal di Turki.

Meskipun ada perkembangan signifikan dalam pengendalian lalu lintas migrasi, Uni Eropa belum memenuhi komitmennya. [Daily Sabah]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x