Thursday, July 25, 2024
Timur Tengah

Irak usir Dubes Swedia, protes pembakaran Al-Qur’an

Seorang pria imigran asal Irak, Salwan Momika, kembali menjadi perhatian dengan menggelar aksi menghina Al Quran dan agama Islam lagi di Swedia.
Seorang pria imigran asal Irak, Salwan Momika, kembali menjadi perhatian dengan menggelar aksi menghina Al Quran dan agama Islam lagi di Swedia.

Pemerintah Irak mengusir Duta Besar Swedia sebagai protes atas rencana pembakaran Al-Qur’an di Stockholm. Aksi kontroversial yang mendapatkan izin Kepolisian Swedia itu memicu unjuk rasa besar-besaran di Baghdad, dengan Kedutaan Besar Swedia diserbu dan dibakar demonstran.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (21/7/2023), pemerintah Irak dalam pengumumannya pada Kamis (20/7) waktu setempat itu juga menyatakan bahwa Baghdad menarik pulang Charge D’affaires mereka di Swedia.

Aksi kontroversial itu direncanakan para demonstran anti-Islam, termasuk pengungsi Irak yang sebelumnya melakukan aksi serupa di luar masjid Stockholm pada Juni lalu, yang telah mengajukan permohonan dan mendapatkan izin dari Kepolisian Swedia untuk membakar Al-Qur’an di luar gedung Kedutaan Besar Irak di Stockholm.

Dalam aksi pada Kamis (20/7) waktu setempat, para demonstran anti-Islam menendang dan menghancurkan sebagian buku yang mereka sebut sebagai Al-Qur’an, namun kemudian meninggalkan lokasi demo setelah satu jam tanpa membakar kitab suci agama Islam itu.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Swedia Tobias Billstrom mengatakan bahwa para staf di Kedutaan Besar Swedia di Baghdad dalam kondisi aman usai penyerbuan para demonstran. Dia menuding pemerintah Irak telah gagal menjalankan tanggung jawab mereka untuk melindungi gedung diplomatik asing tersebut.

Pemimpin kelompok bersenjata Hizbullah yang berpengaruh di Lebanon, Sayyed Hassan Nasrallah, menyerukan kepada negara-negara Arab dan mayoritas Muslim untuk mengikuti langkah Irak dalam mengusir Duta Besar Swedia dan menarik utusan diplomatik mereka dari Stockholm.

Sumber: Detik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x