Thursday, July 25, 2024
Ekonomi

Banjir peminat, mobil listrik Turki terjual lebih dari 2000 unit

mobil nasional Turki
mobil nasional Turki

Jumlah mobil listrik Turki yang melintasi jalan telah mencapai 2.000 unit hingga saat ini. Data itu disampaikan seorang pejabat senior pada hari Kamis, saat pabrikan kendaraan listrik pertama di negara itu meningkatkan produksi dan pengiriman.

Sekitar 909 unit T10X Togg telah dikirimkan pada paruh pertama Agustus saja, sudah melampaui total keseluruhan bulan Juli, kata Menteri Industri dan Teknologi Mehmet Fatih Kacir.

Pernyataan itu muncul setelah Kacir dan Menteri Keuangan-Perbendaharaan Mehmet Şimşek mengunjungi kampus produksi dan teknologi Togg di provinsi barat laut, Bursa.

Para menteri mengecek proses pembuatan SUV segmen C yang sepenuhnya listrik oleh Togg dan memuji teknik otomasi canggih yang mendorong kesuksesan otomotif negara tersebut.

Produksi massal T10X diluncurkan Oktober lalu, dan pengiriman dimulai akhir April.

Kacir mengungkapkan bahwa sebanyak 28.000 T10X diproyeksikan akan diluncurkan dari jalur perakitan pada akhir tahun.

Kacir menambahkan bahwa angka ini akan meningkat dua setengah kali lipat tahun depan.

Sebagai perbandingan, sekitar 627 kendaraan dikirimkan pada bulan Juli kepada warga yang dipilih melalui pengundian digital pada akhir Maret.

Sebuah video drone oleh Anadolu Agency (AA) pada hari Jumat menunjukkan puluhan T10X menunggu untuk dikirimkan di pusat pengalaman Togg di distrik Zeytinburnu Istanbul.

T10X awalnya dijual dengan satu tipe mesin dan dua pilihan baterai. Ini akan menampilkan paket baterai dengan kapasitas 52,4 dan 88,5 kilowatt-jam, dengan jangkauan 314 dan 523 kilometer (195 dan 325 mil).

Baterai T10X dapat diisi ulang hingga 80% dari 20% dalam waktu kurang dari 28 menit di stasiun pengisian cepat.

Sebuah konsorsium dari lima perusahaan Turki yang disebut Automobile Initiative Group of Türkiye, atau Togg, memproduksi kendaraan bekerja sama dengan Union of Chambers and Commodity Exchanges of Türkiye (TOBB).

Mengulangi komitmen terhadap inisiatif kendaraan listrik, Kacir menyoroti pentingnya strategis Togg menjadi merek yang sukses tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di panggung internasional.

“Kami akan terus mendukung Togg agar menjadi merek yang sukses tidak hanya di Türkiye, tetapi juga di pasar internasional,” kata menteri tersebut.

Kacir menyatakan kepuasan dengan tingkat produksi yang meningkat dan menggarisbawahi pentingnya menyaksikan kemampuan manufaktur yang kuat dari industri Turki di fasilitas Togg.

Dia menegaskan kemampuan baru Turki untuk menghasilkan produk industri yang bernilai tinggi, berteknologi tinggi, dan didukung oleh penelitian dan pengembangan dengan sumber daya dalam negeri.

Sementara itu, Şimşek juga membagikan kesannya tentang kampus teknologi, mencatat pencapaian luar biasa dalam otomatisasi dan teknologi canggih.

“Benar-benar pencapaian yang luar biasa untuk membuat produksi dengan otomatisasi 90%. Ini adalah basis teknologi besar yang menampung teknologi tinggi, sangat efisien dan beroperasi dengan luar biasa. Ini sukses besar bagi Türkiye,” kata Şimşek.

Selain SUV, Togg akan memproduksi empat model lainnya – sedan, C-hatchback, B-SUV dan B-MPV – pada tahun 2030. Sedan tersebut akan mengikuti produksi massal SUV tersebut.

Kapasitas produksi saat ini sekitar 100.000 kendaraan per tahun akan mencapai 175.000 setelah pabrik Togg mencapai kapasitas total.

Merek tersebut bertujuan untuk memproduksi 1 juta kendaraan di lima segmen pada tahun 2030. Togg berencana untuk memulai ekspor pada tahun 2025, karena produksi awal akan disesuaikan untuk pasar domestik.

Sumber: Daily Sabah

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x