Thursday, July 25, 2024
Industri Pertahanan

6 senjata tercanggih buatan Turki

Industri Pertahanan Turki
Industri Pertahanan Turki

Industri pertahanan Turki melaju pesat di bawah pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan. Senjata-senjata yang diproduksi negara itu juga teruji di medan pertempuran seperti perang Armenia dan Azerbaijan tahun 2020. Berikut senjata-senjata tercanggih saat ini yang diproduksi di Turki.

1. Rudal Jelajah SOM-J

Rudal jelajah udara yang diluncurkan dari udara ini dikembangkan Roketsan, kontraktor pertahanan Turki. SOM-J memiliki jangkauan lebih dari 250 kilometer dan dapat membawa berbagai jenis hulu ledak, termasuk konvensional dan nuklir.

2. Rudal Anti-Kapal Atmaca

Rudal anti-kapal jarak menengah ini juga dikembangkan oleh Roketsan. Rudal ini memiliki jangkauan lebih dari 200 kilometer dan dapat diluncurkan dari kapal, kapal selam, dan pesawat.

3. Senapan Serbu MPT-76

Senapan serbu buatan domestik terbaru Turki ini menggantikan G3 sebagai senapan standar Angkatan Bersenjata Turki. Chambered atau bilik peluru senapan 7.62x51mm NATO dan memiliki laju tembakan yang tinggi.

4. Bayraktar TB2 UCAV

Drone atau yang di Turki dikenal pesawat tempur tak berawak (UCAV) ini dikembangkan perusahaan pertahanan Turki, Baykar Technologies. Drone banyak digunakan dalam pertempuran di Suriah, Irak, dan Libya, dan dikenal sebagai salah satu drone paling mematikan.

5. Sistem Pertahanan Hisar

Hisar bagian dari keluarga sistem pertahanan udara jarak menengah hingga jarak jauh yang dikembangkan Aselsan. Dirancang untuk menghadapi berbagai ancaman, mulai dari pesawat, rudal jelajah, dan rudal balistik.

6. TCG Anadolu LHD

Kapal serbu amfibi ini sedang dibangun untuk Angkatan Laut Turki. TCG Anadolu LHD akan menjadi kapal perang terbesar yang pernah dibangun di Turki dan akan mampu membawa hingga 2.000 tentara dan 500 kendaraan.

Sumber: Republika

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x