Thursday, July 25, 2024
Jejak Ottoman

Distrik Eyup, tempat penuh sejarah di Istanbul

Distrik Eyup
Distrik Eyup

Distrik Eyup atau Eyupsultan adalah salah satu distrik paling populer di Istanbul. Di distrik ini terdapat spot beberapa pemandangan kota metropolitan yang paling menakjubkan serta beberapa landmark bersejarah.

Yang paling utama adalah Masjid Eyüp Sultan dan kompleks yang menampung makam Abu Ayyub al-Ansari, seorang sahabat Nabi Muhammad, yang kemudian menjadi nama masjid dan distrik tersebut.

Makam itu merupakan lokasi sakral bagi umat Islam sehingga menjadi tempat yang ramai dikunjungi, terutama saat hari raya.

Selama pengepungan Istanbul pada tahun 1453, Sultan Ottoman Mehmed II menemukan kembali makam Abu Ayyub dan lima tahun kemudian membangun masjid dan kompleks termasuk tempat suci di situs tersebut.

Bukit yang menghadap ke masjid dan Tanduk Emas menjadi tempat pemakaman bersejarah dengan ribuan kuburan karena dianggap penting di kalangan umat Islam untuk dimakamkan di dekat makam seorang sahabat.

Mereka yang dimakamkan di dalam dan sekitar Pemakaman Eyüp – salah satu pemakaman Muslim tertua dan terbesar di Istanbul – termasuk Sultan Mehmed V, Ali Qushji, Sokollu Mehmed Pasha, Ahmet Haşim, Fevzi Çakmak, Necip Fazıl Kısakürek, Hüseyin Hilmi Işık, dan masih banyak lagi.

Bukit, setinggi 55 meter dan dinamai berdasarkan novelis dan penjelajah Prancis terkenal Pierre Loti, juga populer karena pemandangannya yang indah karena menawarkan tempat terbaik untuk melihat sekilas Tanduk Emas.

Anda dapat mendaki ke puncaknya dengan kereta gantung untuk menyaksikan pemandangan indah.

Sumber: Daily Sabah

 

 

 

 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x