Thursday, July 25, 2024
Indonesia-Turki

Biaya hidup di Turki ternyata tak jauh beda dari Indonesia

Biaya hidup di Turki
Biaya hidup di Turki

Punya banyak situs bersejarah, Turki menjadi salah satu negara yang banyak dikunjungi wisatawan. Mulai dari Masjid Hagia Sophia, Benteng Konstantinopel, hingga Cappadocia, membuat negara ini tampak seperti negeri dongeng. Namun siapa sangka, biaya hidup di Turki tak jauh berbeda dari Indonesia. Nggak percaya? Simak ulasan berikut ini!

Mengenal Turki dan Gaya Hidupnya

Sumber : Unsplash

Turki adalah negara yang unik, selain punya banyak destinasi wisata, negara ini juga berada di dua benua sekaligus. Secara geografis, 97 persen wilayah Turki masuk ke Benua Asia. Sementara sisanya, masuk ke wilayah Eropa. Hal ini membuat masyarakat Turki memiliki perpaduan gaya hidup antara Barat dan Timur.

Namun demikian, Turki lebih mengidentifikasi diri sebagai negara Eropa. Hal itu terwujud dengan keputusan mereka mengikuti event-event Eropa seperti European Games, dan tidak mengikuti event Asia seperti Asian Games.

Luas negara ini adalah 783 ribu kilometer persegi atau setara dengan luas Pulau Papua. Menurut Population Today, saat ini populasi Turki mencapai 85,8 juta jiwa, dan mayoritas bekerja di sektor jasa, industri, serta pertanian. Melansir Bloomberg Technoz,  upah minimum di Turki adalah US$483 atau sekitar Rp7,2 juta per bulan.

Secara umum, dengan jumlah gaji tersebut, masyarakat di sana masih bisa mencukupi berbagai kebutuhan dengan baik. Artinya, biaya hidup di Turki memang tidak terlalu tinggi. Bahkan, tidak beda jauh jika dibanding biaya hidup di Indonesia, sehingga sangat cocok buat kamu yang ingin menjadi ekspatriat.

Rata-Rata Biaya Hidup di Turki

Buat yang ingin merantau ke Turki, entah untuk wisata, bekerja, maupun menempuh studi, tak ada salahnya jika terlebih dahulu mencari informasi terkait biaya yang diperlukan untuk hidup di sana.

Dikutip dari Okezone, biaya hidup di negara yang beribu kota di Ankara itu hanya sekitar US$300 hingga US$400 atau setara Rp4,5 hingga Rp6 juta. Masih di bawah upah minimum yang dapat diterima pekerja di sana. Secara lebih detail, berikut rincian biaya hidup untuk keluarga, pekerja, maupun mahasiswa asing yang berada di Turki.

Untuk Keluarga Asing

Setiap keluarga di Turki, termasuk keluarga yang berisi warga negara asing, memiliki beberapa kebutuhan pokok agar bisa tinggal di tersebut secara nyaman. Di antaranya adalah tempat tinggal, makan, transportasi, dan lain-lain.

Nah, kebutuhan biaya hidup di Turki untuk tempat tinggal bisa dibilang cukup terjangkau. Kamu bisa menyewa rumah untuk sekeluarga hanya dengan membayar sekitar 800 hingga 1.500 Lira Turki atau sekitar Rp448 ribu hingga Rp841 ribu setiap bulannya. Tentunya harga sewa ini bisa berbeda di tiap wilayah dan tipe rumah.

Sementara itu, biaya hidup keluarga di Turki untuk kebutuhan makan juga tak kalah murah. Kamu masih bisa membeli makanan dengan harga mulai 6 hingga 30 Lira Turki atau sekitar Rp3 ribu hingga Rp16 ribu.

Untuk transportasi, ada berbagai moda yang bisa digunakan. Mulai dari transportasi lokal, taksi, mobil, dan sebagainya. Biaya yang diperlukan pun masih cukup terjangkau, mengingat harga bahan bakar kendaraan di sana hanya sekitar 7,4 Lira Turki atau setara dengan Rp4 ribu per liternya.

Untuk Pekerja Asing

Kebutuhan biaya hidup untuk pekerja asing di Turki tak jauh berbeda dengan kebutuhan keluarga, sebab biasanya keluarga asing yang tinggal di Turki pun juga bekerja. Hanya saja, jika keluarga harus mengeluarkan biaya untuk setiap anggota yang ditanggung, pekerja yang hanya sendiri cukup memenuhi kebutuhan diri sendiri.

Dari estimasi kebutuhan biaya hidup di Turki untuk keluarga di atas, pekerja asing bisa langsung menghitung untuk kebutuhannya sendiri. Jika memang tak ada kebutuhan lain, atau gaya hidupnya biasa-biasa saja, pekerja di Turki bisa hidup layak dan menabung banyak dari penghasilannya.

Untuk Mahasiswa Asing

Sementara itu, biaya hidup untuk mahasiswa asing sedikit berbeda dari biaya dua kategori warga asing sebelumnya. Hal tersebut karena selain membayar biaya untuk kebutuhan sehari-hari, mahasiswa juga perlu membayar kebutuhan kuliah, seperti biaya per semester, praktikum, buku, dan lainnya.

Menurut data Kumparan, biaya kuliah di Turki sangat beragam, bergantung kampus dan program studinya. Secara umum, kisarannya berada di angka 1.700 Lira Turki hingga 10.700 Lira Turki atau sekitar Rp953 ribu hingga Rp6 juta, sesuai kurs saat ini.

Namun demikian, jika kamu mendapatkan beasiswa, hal tersebut akan sangat meringankan dalam memenuhi biaya hidup di Turki. Saat ini ada banyak sekali beasiswa yang bisa diraih oleh warga negara asing untuk kuliah di Turki, baik di tingkat S1, S2, maupun S3.

 

Sumber: flip.id

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x