Kamis, Juni 30, 2022
Wisata

3 tahun sejak peresmian, Masjid Agung Camlica sambut 25 juta pengunjung

3 tahun sejak peresmian, Masjid Agung Camlica sambut 25 juta pengunjung - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Masjid Agung Camlıca telah menampung 25 juta orang sejak diresmikan tiga tahun lalu di kota terbesar di Turki, Istanbul. Masjid ini memiliki keistimewaan karena menampung Museum Peradaban Islam.

Selain sebagai tempat ibadah yang megah, masjid ini merupakan kompleks paling modern di Turki dengan galeri seni, perpustakaan, ruang konferensi, bengkel seni, dan museum yang baru diluncurkan.

Baca Juga
Pesan Khutbah Idul Fitri di UMM: Takwa Kunci Pembangunan Bangsa Dewan Nasional Palestina: Pemukim Israel akan Serang Al Aqsa Jeddah Season 2022 Dimulai, Respons Publik Arab Saudi Luar Biasa
Ide pembangunan masjid raksasa ini adalah milik Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, yang didirikan pada 7 Agustus 2013. Posisinya di Bukit amlıca yang ikonis di Istanbul dan memiliki kombinasi arsitektur Ottoman dan Seljuk.

Dilansir di Daily Sabah, Rabu (4/5/2022), bangunan tempat ibadah ini lantas telah menjadi salah satu simbol kota.

Empat menara masjid berdiri setinggi 107,1 meter. Angka ini merupakan simbol pengakuan atas kemenangan Seljuk Turki di Malazgirt (Manzikert), Turki timur, pada 1071 melawan tentara Bizantium yang membuka Anatolia ke pemukiman Turki.

Tak hanya itu, kubah pusat disebut menggantung 72 meter di atas tanah, mewakili 72 negara yang tinggal di kota itu. Sementara kubah kedua memiliki diameter 34 meter, selaku nomor lisensi resmi Istanbul.

Gerbang utamanya, yang beratnya 6 ton, berdiri setinggi 6,5 meter dan lebar 5 meter. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu yang terbesar di seluruh dunia.

Di dal lingkungan masjid terdapat delapan bengkel seni, galeri seni seluas 3.500 meter persegi dan perpustakaan seluas 3.000 meter persegi. Tersedia pula aula konferensi dengan kapasitas 1.071 kursi, serta tempat parkir dalam ruangan untuk 3.500 kendaraan di kompleks masjid.

Baca juga  Meski di tengah pandemi, 1 juta turis Ukraina mengunjungi Turki tahun 2020

Kepala Asosiasi Pembangunan dan Pemeliharaan Unit Masjid dan Kebudayaan Istanbul, Ergin Kulunk, mengatakan masjid tersebut bertemu dengan jamaah pada 7 Maret 2019. Namun, dia secara resmi diluncurkan pada 3 Mei di tahun yang sama.

“Proyek masjid disiapkan dan selesai dalam 60 bulan, dan mendapat perhatian lebih dari yang diperkirakan,” ucap dia.

Meskipun jumlah pengunjung terbatas selama pandemi Covid-19, masjid menyambut lebih banyak pengunjung seiring dengan penurunan kasus virus corona di Turki.

Salah satu contoh terbaru adalah saat Lailatul Qadar. Momen tersebut merupakan saat di mana wahyu pertama Alquran kepada Nabi Muhammad SAW. “Kami menyaksikan keramaian yang sangat baik. Saya kira sekitar 25 ribu orang datang ke masjid,” lanjutnya.

Dia merasa bangga, mengingat pengunjung dan umat Muslim lebih memilih masjid tempat ia bekerja untuk beribadah. Mereka yang datang berasal dari hampir seluruh bagian Turki.

Bahkan, sejak pembukaan resminya, masjid tersebut telah menerima orang-orang dari banyak negara. Külünk mengatakan Masjid Agung Camlıca telah masuk daftar tempat untuk dikunjungi di Istanbul.

Sumber: Republika, Daily Sabah

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: