- Advertisement -
Internasional

5 Alasan bagi Turki untuk menyerang Tel Rifaat

Turkinesia.net – Ketika Turki bergerak untuk menggagalkan upaya pembentukan koridor teror di perbatasan selatannya melalui Operasi Olive Branch, spesialis militer menekankan perlunya Operasi Olive Branch untuk meluas ke kawasan Tal Rifaat, yang saat ini berada di bawah kekuasaan Partai Pekerja Kurdistan ( PKK).

 

“Operasi Olive Branch berlanjut”

Ufuk Cerrah, seorang spesialis dari Pusat Penelitian Strategis Kafkassam, menggarisbawahi pentingnya untuk memperluas operasi menuju wilayah Tal Rifaat. Meskipun signifikansi memasuki pusat kota Afrin, Operasi Olive Branch sejauh ini tidak sempurna.

Operasi Olive Branch dimulai pada 20 Januari di Afrin untuk membangun keamanan dan stabilitas, membasmi teroris PKK/KCK/PYD-YPG dan Daesh serta menyelamatkan penduduk setempat dari penindasan dan kekejaman mereka.

Pada 18 Maret, pasukan yang didukung Turki membebaskan pusat kota Afrin, yang telah menjadi tempat persembunyian utama bagi PKK/PYD sejak 2012.

 

“Tal Rifaat adalah koridor penting”

Cerrah menekankan bahwa dari perspektif militer, perluasan kampanye militer untuk membersihkan Tal Rifaat dari unsur-unsur teroris adalah perkembangan dan kebutuhan alami.

“Selain itu, wilayah Tal Rifaat akan menghubungkan Afrin ke al-Bab, membentuk koridor. Dari sudut pandang geografis, ini adalah wilayah yang sangat penting.”

“Rakyat Tal Rifaat ingin diselamatkan dari teroris”

Menurut laporan yang keluar dari Tal Rifaat, penduduk di wilayah itu ingin diselamatkan dari penindasan PKK/PYD sesegera mungkin.

“Penduduk setempat, seperti Afrin sebelumnya, mengharapkan Pasukan Bersenjata Turki (TAF) untuk menyelamatkan mereka. Sumber di lapangan mengatakan bahwa para teroris perlahan menarik pasukan mereka ke Manbij dan timur Euphrates,” kata Cerrah.

Sebanyak 3.747 militan telah dinetralkan sejak dimulainya operasi militer pimpinan Turki di Afrin, kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Baca juga  Jet Israel hantam kantor LSM Turki di Gaza

“Sejalan dengan hukum internasional”

Cerrah menekankan bahwa teroris PKK/PYD yang didukung AS saat ini mengendalikan tiga wilayah di sebelah barat Euphrat.

“Salah satunya adalah Tal Rifaat, dua lainnya adalah Manbij dan Tabqa di selatan. Tujuan dari strategi kontra-terorisme Turki, yang sedang dilakukan sesuai dengan hukum internasional, tentu saja untuk secara bertahap membersihkan Tal Rifaat pertama dan kemudian Manbij dari unsur-unsur teroris, dan kemudian diharapkan memperluas untuk memasukkan daerah ke timur dari Eufrat.”

“Ini akan mengakhiri kesalahan ‘koridor’

Cerrah juga menunjukkan bahwa salah satu konsekuensi penting dari membersihkan teroris di Tal Rifaat, dan seluruh wilayah jika perlu, akan mengakhiri gagasan mendirikan “Marea Corridor.”

“Dengan Tentara Turki mengambil alih Tal Rifaat, impian untuk membangun ‘Koridor Kurdi’ sebagaimana teroris PKK/PYD dan AS menyebutnya, akan benar-benar berakhir.” [Yeni Safak]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: