- Advertisement -
Internasional

5 Fakta menarik tentang anggota parlemen baru Turki

Turkinesia.net – Setelah rakyat Turki menentukan pilihannya melalui Pemilu pada Minggu 25 Juni, beberapa fakta menarik berkaitan dengan anggota parlemen yang terpilih kini terungkap.

Berikut beberapa fakta menarik tersebut:

  1. Dalam parlemen yang memiliki 600 kursi, nama yang paling banyak adalah Ahmet, nama yang banyak digunakan di dunia Muslim. Ada 31 anggota parlemen bernama Ahmet. Nama-nama tersebut hadir dari lima partai yang berhasil memasuki parlemen dalam pemilihan 24 Juni, yaitu Partai Keadilan dan Pembangunan (AK Party), Partai Rakyat Republik (CHP), Partai Rakyat Demokratik (HDP), Partai Gerakan Nasionalis ( MHP) dan Partai Baik (IYI Party – IP).
  2. Nama kedua yang paling banyak adalah Mehmet (yang dalam bahasa Arab diucap sebagai Muhammad) yang juga hadir dari semua partai politik. Angoota parlemen dengan nama ini sebanyak 27 orang.
  3. Nama lain diikuti oleh Mustafa dengan 20 orang, 12 bernama Ali dan 8 orang Ibrahim.
  4. Nama-nama anggota parlemen wanita yang paling umum adalah Emine (yang dalam bahasa Arab diucap sebagai Aminah), sebanyak 5 orang, Ayşe (Aisyah) 4 dan Fatma 4.
  5. Ketika para wakil rakyat terpilih ini dilihat dari segi profesi mereka, maka yang paling banyak adalah pengacara. Ada 62 anggota parlemen Turki berlatar belakang sebagai pengacara. Lainnya terdiri dari 44 mantan birokrat, 40 pengusaha, 34 insinyur dan 24 dokter.

 

Daily Sabah

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: