Senin, Oktober 3, 2022
Islamophobia

Al-Azhar mengutuk kartun pelecehan Nabi Muhammad di Inggris

Al-Azhar mengutuk kartun pelecehan Nabi Muhammad di Inggris - Turkinesia

TURKINESIA.NET – KAIRO. Al-Azhar, lembaga pendidikan tertinggi di dunia Muslim Sunni, mengutuk tayangan kartun yang menghina Nabi Muhammad di Inggris.

Dalam sebuah pernyataan, lembaga Observatorium untuk Memerangi Ekstremisme yang berbasis di Kairo  menggambarkan karikatur itu sebagai “tindakan tercela” yang berarti “ungkapan kebencian.”

“Ini adalah provokasi yang tidak dapat dibenarkan dari perasaan hampir dua miliar Muslim di seluruh dunia,” katanya.

Pada tanggal 22 Maret, seorang guru di Betley Grammar School di West Yorkshire, Inggris, menampilkan kartun menghina Nabi Muhammad di kelas. Karikatur tersebut diyakini sebagai salah satu karikatur yang diterbitkan oleh majalah Prancis Charlie Hebdo.

Pada Kamis dan Jumat, di bawah pengawasan polisi puluhan orang berkumpul di depan sekolah itu untuk memprotes gambar-gambar tersebut dan meminta guru yang terlibat dalam insiden itu untuk dipecat.

Media lokal melaporkan, pihak sekolah telah menangguhkan guru itu dan memilih untuk beralih kembali ke pengajaran online untuk hari itu.

Direktur sekolah, Gary Keppel, “dengan tegas” meminta maaf atas insiden tersebut. Ia mengatakan, guru bersangkutan “juga telah meminta maaf”.

Al-Azhar mengatakan pihaknya “sedih” dengan insiden tersebut dan menegaskan “penolakan total” atas perilaku tersebut. “Itu [karikatur yang menghujat] telah menjadi perwujudan yang jelas dari cacat serius dalam masyarakat tersebut,” tambah pernyataan itu.

Pada Oktober 2020, kartun yang menghina Nabi Muhammad diterbitkan oleh majalah Prancis Charlie Hebdo, memicu protes di seluruh dunia Muslim. Kampanye yang menyerukan boikot produk Prancis diluncurkan di platform media sosial.

Karikatur tersebut juga ditampilkan pada gedung-gedung di beberapa kota di Prancis.

Beberapa negara Arab serta Turki, Iran, dan Pakistan mengutuk karikatur dan sikap Presiden Prancis Emmanuel Macron terhadap gambar-gambar itu.

Baca juga  Kirim bantuan medis, Turki banjir ucapan terima kasih dari pejabat dan netizen Inggris

Sumber: Anadolu Agency English

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: