Sabtu, Agustus 20, 2022
Bangsa Turk

Armenia lakukan provokasi serius, tembaki tembaki posisi militer Azerbaijan dua kali dalam sehari

Armenia lakukan provokasi serius, tembaki tembaki posisi militer Azerbaijan dua kali dalam sehari - Turkinesia

TURKINESIA.NET – BAKU. Pasukan Armenia menargetkan posisi Azerbaijan dua kali pada hari Jumat, menurut Kementerian Pertahanan Azerbaijan.

Kementerian itu mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa angkatan bersenjata Armenia melepaskan tembakan ke “posisi Angkatan Darat Azerbaijan yang ditempatkan di arah pemukiman Ashagi Ayrim di wilayah Kalbajar,” sekitar 85 kilometer (53 mil) dari perbatasan Armenia.

Dikatakan, penembakan berlangsung selama setengah jam mulai dari jam 5 sore waktu setempat (1300GMT).

Tidak ada korban dari pihak tentara Azerbaijan, sebut pernyataan itu.

Pasukan Armenia juga menargetkan posisi Azerbaijan sekitar tengah hari pada hari Jumat.

Serangan Armenia terjadi setelah konflik 44 hari tahun lalu atas wilayah Nagorno-Karabakh, di mana Tentara Azerbaijan membebaskan sebagian besar wilayah itu dari pendudukan ilegal Armenia selama beberapa dekade.

Pada 1991, militer Armenia menduduki Nagorno-Karabakh, atau Karabakh Atas, yang diakui secara internasional sebagai wilayah Azerbaijan, dan tujuh wilayah yang berdekatan.

Pada 27 September 2020, tentara Armenia melancarkan serangan terhadap warga sipil dan pasukan Azerbaijan serta melanggar beberapa perjanjian gencatan senjata kemanusiaan.

Selama konflik 44 hari berikutnya yang berakhir dengan kesepakatan yang ditandatangani pada 10 November, Azerbaijan membebaskan beberapa kota dan hampir 300 pemukiman serta desa dari pendudukan Armenia.

Kesepakatan damai itu dianggap banyak pihak di Armenia sebagai kekalahan negara itu. Azerbaijan menganggap kesepakatan itu sebagai kemenangannya dalam perang tersebut.

Sumber: Anadolu Agency English

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: