Senin, Oktober 3, 2022
Eropa

AS akan produksi fregat multifungsi untuk AL Yunani

AS akan produksi fregat multifungsi untuk AL Yunani - Turkinesia

TURKINESIA.NET – WASHINGTON. Perusahaan pertahanan, kedirgantaraan, dan teknologi canggih Lockheed Martin akan memproduksi fregat untuk Angkatan Laut Yunani yang akan membawa “peluang ekonomi” bagi Yunani, menurut pernyataan perusahaan itu.

“Kami bekerja untuk membawa kemampuan maritim ke Angkatan Laut Hellenic dan peluang ekonomi ke Yunani dengan Multi-Mission Surface Combatant. Minggu ini tim kami mengunjungi galangan kapal Yunani untuk membahas bagaimana kami dapat bermitra untuk mengirimkan kemampuan ini ke Yunani,” kata perusahaan itu dalam pernyataannya di Twitter pada hari Jumat.

Perusahaan juga membagikan foto yang menunjukkan tim Lockheed Martin selama kunjungan mereka ke galangan kapal negara di Aegean.

Sebelumnya, laporan Kathimerini menyebutkan bahwa Yunani telah mengusulkan promosi perjanjian transnasional untuk pembelian fregat Multi-Mission Surface Combatant (MMSC). Dikatakan bahwa kontrak tersebut akan mencakup pasokan empat fregat MMSC, peningkatan empat fregat tipe MEKO, kapal solusi perantara dan partisipasi galangan kapal Yunani dalam pengembangan fregat tipe FFG (X) Amerika yang baru.

MMSC adalah varian dari US Navy Littoral Combat Ship (LCS). Menurut situs resmi Lockheed Martin, konfigurasi kemampuan kapal dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

“Jika Angkatan Laut membutuhkan lebih banyak kemampuan anti-udara atau anti-kapal selam, desain kapal dapat dimodifikasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Ini benar-benar bisa menjadi kapal khusus untuk Angkatan Laut Hellenic. MMSC mampu membawa senjata yang akan menjadi pengubah permainan sejati bagi Yunani. Angkatan Laut AS telah berinvestasi dalam kapabilitas yang signifikan untuk armadanya, dan Angkatan Laut Hellenic akan mendapatkan keuntungan dari berbagai sistem senjata dan sensor yang sudah terintegrasi ke dalam MMSC,” bunyi pernyataan di situs web perusahaan itu.

Fregat ini memiliki sistem propulsi diesel dan gas gabungan. Ia memiliki jangkauan 5.000 mil laut dan dapat mencapai kecepatan di atas 30 knot (34,5 mph).

Baca juga  Hubungan dengan Turki semakin tegang, Yunani kembali pesan 6 Rafale dan 3 Fregat

Pada 4 Maret, duta besar AS di Athena mengatakan bahwa Washington siap untuk membahas penjualan fregat Amerika dan jet tempur F-35 dengan Yunani jika Yunani menginginkannya.

Dalam konferensi pers, Geoffrey Pyatt mengatakan peningkatan yang sedang berlangsung dari 84 jet F-16 Yunani “sangat penting” karena akan mempersiapkan angkatan udara Yunani untuk F-35.

Namun, dia menambahkan bahwa perusahaan manufaktur Lockheed Martin akan membutuhkan waktu lima tahun untuk mengembangkan infrastruktur yang dibutuhkan guna menampung jet tempur F-35 di Yunani.

Tentang fregat, dia mengatakan bahwa AS sedang menunggu surat permintaan yang tidak mengikat dari pihak Yunani.

“Kami tidak hanya menjual logam! Proposal Amerika untuk fregat yang akan melengkapi angkatan laut Yunani adalah sebuah program yang akan membantu lebih memperdalam hubungan strategis Yunani-AS,” kata Pyatt pada saat itu.

Pembelian fregat akan sejalan dengan rencana Yunani untuk memperluas kemampuan Angkatan Lautnya dengan pesat pada tahun 2030, meskipun pengeluaran pertahanannya telah menjadi pusat kritik di tengah efek Covid-19 pada ekonominya yang bergantung pada pariwisata.

Desember tahun lalu, Alexis Tsipras, pemimpin partai sayap kiri Syriza, mengecam Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis atas keputusan pemerintahnya untuk meningkatkan pengeluaran militer di tengah krisis ekonomi.

Sumber: Daily Sabah

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: