Jumat, Agustus 12, 2022
Asia

AS sebut ibu kota Kabul akan jatuh ke tangan Taliban dalam 90 hari

Turki kecam Yunani yang tolak akui mufti terpilih di Trakia Barat - Turkinesia
Pejuang Taliban berpatroli di dalam kota Farah, ibu kota provinsi Farah, barat daya Kabul, Afghanistan, Rabu, 11 Agustus 2021. (AP Photo/Mohammad Asif Khan)

TURKINESIA.NET – WASHINGTON. Taliban dapat mengisolasi ibu kota Afghanistan, Kabul, dalam 30 hari, sebut seorang pejabat pertahanan Amerika Serikat kepada Reuters. Taliban berpotensi mengambil alih kota tersebut dalam 90 hari, ungkapnya pada hari Rabu mengutip penilaian intelijen AS.

Pejuang Taliban telah menguasai sembilan ibu kota provinsi dalam enam hari, waktu yang mengejutkan para pejabat AS.

Pasukan Taliban sekarang menguasai 65% Afghanistan dan telah merebut atau mengancam akan merebut 11 ibu kota provinsi, kata seorang pejabat senior Uni Eropa, Selasa.

Hingga bulan lalu, penilaian intelijen AS memperingatkan bahwa pemerintah Afghanistan bisa jatuh hanya dalam enam bulan.

Pejabat AS yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan penilaian baru itu mengikuti kemajuan pesat yang telah Taliban capai di sekitar Afghanistan.

“Tapi ini bukan kesimpulan yang sudah pasti,” kata pejabat itu.

Ia menambahkan bahwa pasukan keamanan Afghanistan dapat membalikkan momentum dengan melakukan lebih banyak perlawanan terhadap kelompok pemberontak. Tidak segera jelas apakah ini adalah pandangan konsensus komunitas intelijen atau jika badan-badan intelijen yang berbeda memiliki pandangan yang berbeda yang tidak biasa.

Presiden AS Joe Biden mengatakan pada hari Selasa bahwa dirinya tidak menyesali keputusannya untuk menarik pasukan keluar dari Afghanistan setelah lebih dari 20 tahun konflik.

Ia mengatakan jumlah pasukan Afghanistan melebihi jumlah Taliban.

AS pada dasarnya telah menarik semua pasukan keluar dari Afghanistan, kecuali mereka yang tinggal untuk melindungi Kedutaan Besar AS dan bandara Kabul.

Misi militer akan berakhir pada 31 Agustus.

Sumber: Daily Sabah

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] AS sebut ibu kota Kabul akan jatuh ke tangan Taliban dalam 90 hari […]

trackback

[…] AS sebut ibu kota Kabul akan jatuh ke tangan Taliban dalam 90 hari […]

error: Content is protected !!
2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: