Rabu, Oktober 5, 2022
Wisata

Balikligol-Aynzeliha “kolam dari air mata putri Namrut dan ikan dari kayu bakar Nabi Ibrahim”

Balikligol-Aynzeliha “kolam dari air mata putri Namrut dan ikan dari kayu bakar Nabi Ibrahim” - Turkinesia

TURKINESIA.NET – SANLIURFA. Balikligol atau dikenal juga dengan sebutan Halil ur Rahman merupakan sebuah danau ikan yang dianggap keramat. Danau ini berada di wilayah Sanliurfa, tenggara Turki yang terkenal sebagai kota para nabi atau peygamberlerin sehirdir, 80 kilometer di sebelah selatan Sungai Eufrat.

Balikligol dipercaya sebagai saksi bisu terjadinya salah satu mukjizat Nabi Ibrahim AS saat akan dibakar oleh Raja Namrut yang kejam.

Nabi Ibrahim ditangkap karena telah menghacurkan berhala-berhala yang disembah oleh kaum Namrut. Setelah patung-patung dihancurkan, kapak bekas menghancurkan patung-patung pun dikalungkan dileher patung yang disisakan masih utuh. Setelah nabi Ibrahim ketahuan bahwa beliau sebagai pelaku yang menghancurkan patung, beliau pun ditangkap dan ditanya ‘’Mengapa sisa patungnya tidak menghabiskan diri sendiri?’’.

Kemudian beliau melanjutkan pertanyaan ‘’Mengapa kalian menyembah patung-patung yang hanya terdiam membisu dan tidak bisa melakukan apa-apa?’’

Semakin nabi Ibrahim AS bertanya kepada Raja Namrud semakin pula kemarahan membakar amarah raja tersebut. Nabi Ibrahim AS pun kemudian menyeru Raja Namrud untuk menyembah Allah SWT.

Setelah kemarahan Raja Namrud memuncak akhirnya dia pun menyuruh pasukannya untuk membakar nabi Ibrahim AS. Seluruh masyarakat dinegerinya diperintahkan untuk mengumpulkan kayu bakar. Bahkan konon ibunya sendiri juga dipaksa untuk menyiapkan kayu bakar untuk membakar putranya.

Dikisahkan bahwa nabi Ibrahim AS dilemparkan dengan ketapel raksasa yang ada di Benteng Urfa, beliau pun akhirnya masuk dalam kobaran api yang sangat besar. Api terus berkobar namun dengan izin Allah SWT api pun tidak menghanguskan nabi Ibrahim AS, seperti dituliskan dalam al-Quran surat al-Anbiyâ ayat 69 yang berbunyi ‘’Wahai Api! Jadilah kamu dingin dan penyelamat bagi Ibrahim’’.

Baca juga  Reruntuhan Perkampungan Santa di Turki pikat pengunjung

[adinserter name=”Block 1″]

Karena merasa malu gagal membunuh Nabi Ibrahim, Raja Namrut mengusir Nabi Ibrahim dan keluarganya dari kota kelahirannya. Nabi Ibrahim bersama keponakannya nabi Luth dan istrinya Sarah hijrah ke Syria, kemudian ke Palestina.

Menurut cerita turun temurun, air danau ini berasal dari kobaran api yang Allah ubah menjadi air. Sedangkan ikan-ikan di dalamnya berasal dari kayu bakar tersebut. Karena dianggap keramat, ikan-ikan tersebut tidak pernah diganggu atau ditangkap oleh penduduk setempat.

Di samping danau tersebut terdapat kolam Aynzeliha yang menurut cerita berasal dari kumpulan air mata putri Raja Namruz yang simpati dan iba melihat Ibrahim as disiksa oleh ayahnya.

Kurang lebih 100 meter dari Danau Halil ur Rahman dan Danau Aynzeliha terdapat gua tempat kelahiran Nabi Ibrahim. Nabi Ibrahim lahir dan tinggal di gua ini sampai beliau berusia tujuh tahun. Gua tersebut merupakan tempat suci bagi kaum Muslimin, Kristiani dan Yahudi. Di dalamnya terdapat air yang mengalir. Air tersebut dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

[adinserter name=”Block 1″]

Gua itu sendiri berada di halaman Masjid Mevlid i-Halil. Masjid-masjid ini konon dahulunya merupakan gereja-gereja tua ketika umat Kristiani menguasai kota tersebut. Pada tahun 1980an dibangun lagi sebuah masjid yang lebih besar dengan dua minaret. Masjid ini diberi nama Yeni Dergah.

Nabi Ibrahim adalah tokoh suci terutama bagi agama Islam, Kristen dan Yahudi. Konon bangsa Yahudi lahir karena putranya yaitu nabi Ishak AS dan sedangkan bangsa Arab terlahir karena satu putranya lagi yaitu nabi Ismail AS.

Beberapa nabi-nabi yang terlahir dan menyebarkan agama seperti dari nabi Yakub AS dan Yusuf AS yaitu nabi Musa AS, dari nabi Suleyman yaitu nabi Daud AS konon semuanya berasal dari leluhurnya yaitu nabi Ibrahim AS.

Baca juga  Mulai Juli, Jerman akan cabut peringatan perjalanan untuk sebagian besar negara, termasuk Turki

[adinserter name=”Block 1″]

Hingga saat ini nama Ibrahim sangat identik dengan kota Şanlıurfa, atau juga nama Halil Ibrahim.

Banyaknya situs sejarah religi menjadi daya tarik bagi para wisatawan lokal maupun manca negara. Setiap tahun, kota ini dikunjungi oleh ribuan turis dari Eropa, Asia Tengah, hingga Iran. []

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Balikligol-Aynzeliha “kolam dari air mata putri Namrut dan ikan dari kayu bakar Nabi Ibrahim” […]

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: