- Advertisement -
Teknologi

Baykar Turkiye ekspor drone Bayraktar TB2 ke Kuwait senilai $370 juta

Baykar TurkiyeBaykar Turkiye

Perusahaan drone Baykar Turkiye  telah menandatangani kontrak senilai $370 juta (TL 6,95 miliar) untuk mengekspor kendaraan udara tempur tak berawak (UCAV) Bayraktar TB2 ke Kuwait, kata perusahaan itu, Rabu.

Baykar membuat pernyataan terkait melalui akun Twitter perusahaan. Kontrak tersebut menandai perjanjian ekspor pertama yang ditandatangani untuk Bayraktar TB2 pada tahun 2023.

Jumlah kesepakatan ekspor yang ditandatangani untuk drone tempur khusus ini telah mencapai 28.

Negosiasi antara Baykar dan Kementerian Pertahanan Kuwait dimulai pada 2019.

Dibandingkan produk kompetitif dari beberapa perusahaan dari AS, Eropa, dan China, Kuwait lebih memilih UCAV yang dikembangkan di dalam negeri Türkiye, yang telah teruji di  pertempuran dalam beberapa konflik dari Suriah hingga Ukraina.

UCAV Bayraktar TB2 sebelumnya sukses besar dalam penerbangan demonya di Kuwait pada Juli 2019. Itu membuka jalan baru dalam sejarah penerbangan Turki saat itu dengan terbang terus menerus selama 27 jam tiga menit dalam kondisi geografis dan iklim yang sulit seperti suhu tinggi dan badai pasir.

Sejak awal penelitian dan pengembangan (R&D) terkait kendaraan udara tak berawak (UAV) pada tahun 2003, Baykar telah memperoleh 75% dari seluruh pendapatannya dari ekspor.

Menurut data Majelis Eksportir Turki (TIM) pada 2021, Turki menjadi pemimpin ekspor industri pertahanan dan kedirgantaraan.

Baykar Turkiye, yang tingkat ekspornya 99,3% dalam kontrak yang ditandatangani pada 2022, melakukan ekspor senilai $1,18 miliar tahun lalu. Perusahaan yang merupakan pengekspor terbesar industri pertahanan dan kedirgantaraan ini memiliki omzet sebesar $1,4 miliar pada tahun 2022.

Sumber: Daily Sabah

 

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Bayraktar TB2, yang telah digunakan oleh Ukraina melawan invasi Rusia, bersama dengan konflik di Suriah, Irak, Libya dan Karabakh, menjadi ujung tombak dorongan ekspor pertahanan global Türkiye. […]

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: