Sabtu, September 24, 2022
Uncategorised

Bayraktar Kizilelma, pesawat tempur siluman tanpa awak Turki akan gunakan mesin Ukraina

drone serang jet Bayraktar Kizilelma Turki
drone serang jet Bayraktar Kizilelma Turki

ANKARA – Baykar telah menyelesaikan perakitan prototipe kedua dari drone serang jet Bayraktar Kizilelma. Hal ini diumumkan oleh Selcuk Bayraktar dari perusahaan Baykar.

“Kami merakit prototipe seri ke-2 Kizilelma, yang kami siapkan untuk pameran Samsun,” kata Selcuk Bayraktar. Prototipe pertama selesai pada Juni 2022. Penerbangan pertama dari kedua prototipe diharapkan pada 2023.

Bayraktar Kizilelma adalah jet supersonik siluman UAV udara. Drone ini dikembangkan di bawah proyek MIUS [Muharip İnsansız Uçak Sistemi or Unmanned Combat Aircraft System/UCAS in English]. UAV baru dipresentasikan pada 4 Agustus 2021. Setahun setelah Bayraktar Kizilelma mencapai tahap prototipe.

Menurut data yang diberikan oleh perusahaan, UAV itu akan memiliki ketinggian operasi 12.000 m. UAV juga akan memiliki berat lepas landas 5,5 ton. Muatan Bayraktar akan menjadi 1,5 ton. Drone akan membawa satu ton amunisi.

Sementara MIUS-A akan mendekati supersonik dengan mesin AI-25TLT Ukraina, MIUS-B akan menjadi supersonik dengan mesin AI-322F Ukraina dan TEI TF-6000 Turki. MIUS-B akan memiliki mesin 2,5 kali lebih bertenaga, yang secara signifikan membedakannya dari MIUS-A dalam hal karakteristik teknis.

Diasumsikan bahwa kendaraan udara tak berawak dari proyek MIUS itu akan diluncurkan dari kapal pendarat universal TCG Anadolu [L-400] tanpa bantuan sistem ketapel.

Perkiraan karakteristik Bayraktar Kizilelma adalah kecepatan maksimum 900 km/jam, kecepatan jelajah 740 km/jam, dan jangkauan tempur 930 km. Drone tempur ini akan mampu bertahan di udara selama sekitar 5 jam pada ketinggian operasi maksimum 10.700 meter.

Pada November 2021, perusahaan pertahanan Turki Baykar memesan perusahaan negara Ukraina Ivchenko-Progress untuk mesin jet AI-25TLT dan AI-322F.

Sumber: bulgarianmilitary.com

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: