- Advertisement -
Humanitarian

Berbagai lembaga kemanusiaan Turki galang bantuan untuk Yaman

TURKINESIA.NET – ANKARA. Lembaga-lembaga kemanusiaan Turki pada Kamis (22/11) meluncurkan kampanye gabungan untuk membantu rakyat Yaman.

Sebagaimana dilansir oleh Yeni Safak, Otoritas Bencana dan Manajemen Darurat (AFAD), Bulan Sabit Merah Turki (Kizilay), Yayasan Bantuan Kemanusiaan (IHH), Asosiasi Deniz Feneri Turki, Konfederasi Pegawai Umum Serikat Buruh (Memur-Sen) dan Konfederasi Serikat Buruh HAK-IS Turki merupakan bagian dari kampanye ini.

Pada fase pertama kampanye yang diluncurkan di bawah slogan “Yaman menanti kemanusiaan”, barang-barang bantuan senilai 200.000 Lira Turki (37.800 USD) telah disumbangkan ke Yaman.

Berbicara pada konferensi pers bersama, Ketua Memur-Sen Ali Yalcin mengatakan dua pertiga penduduk di Yaman membutuhkan bantuan.

Dia mengatakan ada kebutuhan untuk membentuk “kelompok perdamaian Yaman” di bawah naungan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk mengambil inisiatif pencegahan krisis kemanusiaan di negara tersebut.

Sait Demir, wakil presiden IHH, mengatakan PBB atau OKI harus mengambil langkah-langkah untuk melindungi orang-orang di wilayah tersebut.

Hamit Kunt, koordinator Ankara Deniz Feneri, mengatakan makanan akan didistribusikan kepada 500 keluarga minggu depan.

Yaman yang miskin masih dilanda kekerasan sejak 2014, ketika pemberontak Syiah Houthi menguasai sebagian besar negara, termasuk ibu kota Sanaa.

Konflik meningkat pada tahun 2015 ketika Arab Saudi dan sekutu Sunni-Arabnya meluncurkan serangan udara besar-besaran di Yaman yang bertujuan untuk merebut kembali wilayah-wilayah yang dikuasai Houthi. [YS]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: