Sabtu, Agustus 13, 2022
Internasional

Berkat operasi antiteror Turki, 329.000 pengungsi berhasil pulang ke Suriah

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Hampir 330.000 pengungsi Suriah yang mengungsi ke Turki telah kembali ke kampung halaman mereka sejak Turki berhasil menyelesaikan operasi antiteror di utara Suriah utara.

“Sejauh ini, sebanyak 329.000 orang dari Suriah telah kembali. Ini semua berkat kedamaian yang diberikan oleh Operasi Perisai Eufrat di Afrin dan daerah-daerah lain yang dibebaskan,” ujar Menteri Dalam Negeri Turki, Suleyman Soylu.

Turki saat ini menampung sekitar 4 juta pengungsi Suriah – lebih banyak dari negara mana pun di dunia – tetapi banyak yang telah kembali ke Suriah sejak stabilitas dan perdamaian dicapai oleh operasi kontrateroris Turki sejak 2016.

Tahun ini, lebih dari 41.000 migran Afghanistan datang ke Turki secara ilegal dan setengah dari mereka, sekitar 20.500 jiwa, direpatriasi.

Sejak 2016, operasi Perisai Eufrat dan Ranting Zaitun Turki di Suriah Utara telah membebaskan wilayah itu dari teroris YPG / PKK dan Daesh, termasuk Al-Bab, Afrin,dan Azaz.

Suriah dilanda konflik sejak 2011 ketika rezim Bashar al-Assad menindak demonstran dengan brutal.

Ratusan ribu warga sipil telah terbunuh atau terlantar akibat konflik berkepanjangan itu, terutama akibat serangan udara rezim yang menargetkan daerah-daerah yang dikuasai oposisi. [Anadolu Agency]

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: