Senin, Agustus 15, 2022
Wisata

Biara Sumela berusia 1700 tahun di atas bebatuan curam

Biara Sumela berusia 1700 tahun di atas bebatuan curam - Turkinesia

TURKINESIA.NET – TRABZON. Biara Sumela merupakan sebuah biara indah yang dibangun di atas bebatuan curam setinggi 1.200 meter, di Taman Nasional Altindere di kaki bukit Karadağ. Biara ini terletak di Distrik Macka, Provinsi Trabzon, di kawasan Laut Hitam.

Biara yang juga dikenal sebagai Virgin Mary ini berusia 1700 tahun dan merupakan salah satu biara sejarah tertua dan paling penting di dunia sekaligus destinasi wisata populer Turki, dan termasuk dalam daftar tentatif situs warisan dunia UNESCO.

Menurut riwayatnya, Biara Sumela dibangun pada abad ke-3 oleh dua pendeta yang datang dari Athens pada zaman Byzantine. Selama bertahun-tahun, kepentingannya telah meningkat, dan ia telah diperkaya dengan pendapatan baru yang disediakan dan bahagian-bahagian baru telah ditambah, terutama pada abad ke-13.

Setelah pantai Laut Hitam Timur berada dalam kedaulatan Turki, sultan-sultan Turki Utsmani mengekalkan hak-hak Sumela seperti di banyak biara; Mereka memberi beberapa konsesi.

Pada abad ke-18 banyak bagian telah dirombak, beberapa dinding dihiasi dengan lukisan dinding. Dengan penambahan gedung-gedung besar pada abad ke-19, biara menjadi sangat indah

Biara ini pernah direbut pada masa penjajahan Rusia mulai tahun 1916 dan berlangsung selama dua tahun. Setelah 1923 ia telah dikosongkan sepenuhnya.

Biara Sumela telah menjadi pusat keagamaan penting selama berabad-abad; pada masa yang sama, ia kekal sebagai tempat latihan untuk sami.

Bahagian utama Biara Sumela; Gereja batu utama, beberapa kapel, dapur, bilik pelajar, rumah tamu, perpustakaan dan gereja suci. Dinding gereja dan kapel bersebelahan dengannya dikelilingi dengan lukisan dinding; subjek utama pada lukisan dinding itu adalah adegan yang diambil dari Injil, dan gambaran-gambaran mengenai Nabi Isa dan Bunda Maria.

Baca juga  Setelah diperbaiki oleh Turki dan Pakistan, sekolah di Tal Abyad Suriah siap menyambut siswa

Setelah ditutup selama 88 tahun, biara itu dibuka kembali pada 15 Agustus 2010 untuk kegiataan keagamaan dengan izin dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Pada tahun 2010 sebuah ritual yang dipimpin oleh Fener Greek Patriarch telah dianjurkan di Biara ini.

Biara Sumela, yang dianggap suci oleh umat Kristiani, dikunjungi oleh beribu-ribu orang setiap tahun. [Anadolu Agency/TRT]

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Biara Sumela berusia 1700 tahun di atas bebatuan curam […]

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: