Sabtu, Agustus 13, 2022
Eropa

Bulan Juni, Menlu Turki akan kunjungi Yunani, Azerbaijan & Belgia

Bulan Juni, Menlu Turki akan kunjungi Yunani, Azerbaijan & Belgia - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Menteri Luar Negeri Turki Mevlüt Çavuşoğlu diperkirakan akan mengunjungi Yunani minggu depan, diikuti dengan perjalanan ke Azerbaijan dan berlanjut ke Brussel untuk pertemuan puncak pada 12-14 Juni.

Cavusoglu akan melakukan perjalanan ke Yunani pada 31 Mei, katanya kepada wartawan di luar Parlemen Turki pada hari Rabu.

Dia menyebut akan bertemu dengan sejawatnya dari Yunani Nikos Dendias.

Kedua sekutu NATO tersebut telah berselisih mengenai masalah-masalah yang telah berlangsung selama beberapa dekade termasuk sejauh mana batas udara dan maritim di Laut Aegea dan masa depan pulau Siprus yang terbagi dua.

Turki dan Siprus Turki mengesampingkan pembahasan sistem federal untuk menyatukan kembali pulau itu. Keduanya bersikeras bahwa opsi dua negara adalah satu-satunya jalan ke depan. Turki juga kesal dengan upaya militerisasi Yunani di pulau-pulau yang dekat dengan daratan Turki.

Turki yang memiliki garis pantai kontinental terpanjang di Mediterania Timur, telah menolak klaim batas maritim yang dibuat oleh Yunani dan pemerintahan Siprus Yunani. Ankara menekankan bahwa klaim yang berlebihan ini melanggar hak kedaulatan Turki dan Republik Turki Siprus Utara (TRNC).

Sementara itu, Cavusoglu mengatakan dia akan melakukan perjalanan ke Brussel untuk menghadiri pertemuan puncak pada 12-14 Juni.

Sumber: Daily Sabah

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: