Sabtu, Agustus 13, 2022
Budaya

Bursa jadi Ibu Kota Kebudayaan Dunia Turki 2022

Turki kecam Yunani yang tolak akui mufti terpilih di Trakia Barat - Turkinesia

BURSA. Provinsi Bursa di barat laut Turki, salah satu bekas ibu kota Kesultanan Utsmaniyah, pada hari Kamis terpilih sebagai Ibu kota Kebudayaan Dunia Turki 2022.

Keputusan itu diambil dalam pertemuan ke-38 Organisasi Internasional Kebudayaan Turki (TURKSOY), yang diadakan di provinsi Khiva, Uzbekistan.

Bursa adalah tempat bagi masjid bersejarah, madrasah, makam, dan karya arsitektur lainnya.

Berbicara pada pertemuan sebelum keputusan itu, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turki Mehmet Nuri Ersoy menggarisbawahi pentingnya sejarah dan keindahan nasional Bursa.

“Saya ingin mengumumkan dengan senang hati pencalonan Bursa – yang berfungsi sebagai ibu kota Kesultanan Utsmaniyah – sebagai ibu kota Budaya Dunia Turki. Kota ini mempesona pengunjung dengan tekstur sejarah dan arsitektur serta keindahan alamnya,” kata Ersoy.

Pada pertemuan tersebut, para peserta menerima proposal dan memutuskan untuk mendeklarasikan Bursa sebagai ibu kota Kebudayaan 2022.

2022 juga dinyatakan sebagai tahun peringatan seniman Kirgistan Toktobolot Abdumomunov; Komposer Azerbaijan Fikret Amirov, yang ulang tahunnya yang ke-100 akan dirayakan tahun depan; dan penyair Turki dan Sufi Süleyman Selebi, peringatan 600 tahun kematiannya akan ditandai pada 2022.

Sumber: Daily Sabah

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Budaya Ethnosport juga menghadirkan hidangan tradisional dari seluruh dunia untuk dinikmati para […]

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: