Senin, Oktober 3, 2022
Eropa

CEO Rostec: Pembelian S-400 oleh Turki bukan ancaman bagi NATO

CEO Rostec: Pembelian S-400 oleh Turki bukan ancaman bagi NATO - Turkinesia

TURKINESIA.NET – MOSKOW. Pembelian sistem pertahanan udara canggih S-400 Rusia oleh Turki tidak menimbulkan ancaman bagi NATO, kata Sergey Chemezov, CEO Russian Rostec Corporation, Rabu.

Berbicara kepada saluran TV Rusia RT, Chemezov mengatakan bahwa S-400 adalah senjata pertahanan dan tidak dapat digunakan dalam serangan.

“Oleh karena itu, saya tidak dapat membayangkan bagaimana S-400 dapat mempengaruhi keamanan negara-negara NATO. Sebaliknya, pihak Turki menjamin keamanan negara-negara NATO,” tandasnya.

Hubungan antara sekutu NATO Turki dan AS sangat tegang pada tahun 2019 karena Ankara mengakuisisi sistem pertahanan udara S-400 Rusia, mendorong Washington mengeluarkan Turki dari program jet F-35 Lightning II.

AS berpendapat bahwa sistem itu dapat digunakan oleh Rusia untuk secara diam-diam mendapatkan rincian rahasia pada jet Lockheed Martin F-35. AS mengatakan sistem itu tidak kompatibel dengan sistem NATO. Turki, bersikeras bahwa S-400 tidak akan diintegrasikan ke dalam sistem NATO dan tidak akan menimbulkan ancaman bagi aliansi tersebut.

Turki baru-baru ini menandatangani perjanjian konsultasi dengan firma hukum yang berbasis di Washington untuk melobi guna melindungi hak-haknya dalam program jet tempur F-35.

Sumber: Daily Sabah

3.5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: