Jumat, Agustus 12, 2022
Bangsa Turk

Dewan Turki kenang rakyat Azerbaijan korban genosida 1918

Dewan Turki kenang rakyat Azerbaijan korban genosida 1918 - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Dewan Turki pada hari Rabu mengenang para rakyat Azerbaijan yang menjadi korban genosida tahun 1918.

“Tanggal 31 Maret yang diperingati di Republik Azerbaijan sebagai Hari Genosida orang Azerbaijan, menandakan ingatan akan pembantaian yang dilakukan terhadap rakyat Azerbaijan pada bulan Maret 1918 oleh pasukan Armenia di Baku, Shamahi, Guba, Zengezur, Karabakh dan Nakhchivan, kata Baghdad Amreyev, sekretaris jenderal Dewan Negara-negara Turki dalam sebuah pernyataan.

Mendiang Presiden Azerbaijan Haidar Aliyev pada bulan Maret 1998 menandatangani keputusan untuk menarik perhatian masyarakat internasional terhadap peristiwa-peristiwa tragis di masa lalu dan untuk melambangkan semua pembantaian terhadap orang-orang Azerbaijan yang terjadi dalam sejarah. Keputusan tersebut telah mendeklarasikan 31 Maret sebagai Hari Genosida Azerbaijan.

Amreyev juga mengatakan bahwa hari ini rakyat dan pemerintah Azerbaijan memberikan penghormatan kepada “kenangan berharga para korban” dan mendesak masyarakat dunia untuk mengakui “tindakan-tindakan mengerikan” tersebut.

“Pada kesempatan penting ini, kami bergabung dengan saudara-saudari Azerbaijan memperingati dengan hormat semua martir dan menegaskan kembali bahwa sebagai Dewan Turki kami akan bekerja dengan semua kapasitas kami untuk memastikan perdamaian dan stabilitas di wilayah kami dan sekitarnya,” tambahnya.

Genosida 1918 yang dilakukan bersama oleh kelompok Armenia bersenjata dan Bolshevik – sebuah partai revolusioner yang berkomitmen pada ide-ide Karl Marx – merenggut nyawa sekitar 50.000 orang Azerbaijan.

Dewan Turki, atau Dewan Kerjasama Negara-negara Penutur Bahasa Turki, didirikan pada 2009 sebagai organisasi antar pemerintah, dengan tujuan menyeluruh untuk mempromosikan kerja sama komprehensif di antara negara-negara berbahasa Turki.

Dewan tersebut terdiri dari Azerbaijan, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Turki, dan Uzbekistan sebagai negara anggota dan Hongaria sebagai negara pengamat.

Baca juga  Militer Armenia babak belur dihajar Azerbaijan, kepala badan intelijen dipecat

Sumber: Anadolu Agency English

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: