Selasa, Agustus 9, 2022
Bangsa Turk

Dewan Turki sepakat mengubah nama organisasi

Dewan Turki sepakat mengubah nama organisasi - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Para pemimpin Dewan Kerjasama Negara Berbahasa Turki, juga dikenal sebagai Dewan Turki, pada hari Rabu sepakat untuk mengubah nama organisasi.

Dalam pertemuan informal itu, para pemimpin di KTT tersebut mendukung inisiatif yang diajukan oleh ketua kehormatan dewan, Nursultan Nazarbayev untuk mengubah nama Dewan Turki. Para menteri luar negeri dan sekretariat diperintahkan untuk menyiapkan dokumen yang relevan untuk “meletakkan dasar bagi keputusan ini pada KTT Dewan Turki ke-8 yang direncanakan akan diadakan pada musim gugur 2021 di Republik Turki.”

Deklarasi tersebut juga memproklamasikan kota Turkistan di Kazakhstan sebagai “ibu kota spiritual Dunia Turki.”

Selama pertemuan virtual itu, para pemimpin dewan “setuju bahwa kota-kota kuno terkemuka lainnya di dunia Turki mungkin diberikan status serupa secara bergilir di masa depan.” Peraturan mengenai status yang serupa dengan kota lain harus disiapkan dan diadopsi di Dewan Menteri Luar Negeri (CFM) sebelum KTT Dewan Turki ke-8 di Turki.

Para pemimpin organisasi memuji sekretariat untuk persiapan draf awal “Visi Dunia Turki – 2040” dan “Strategi Dewan Turki 2020-2025” serta menginstruksikan otoritas terkait dari negara-negara anggota untuk bekerja dengan sekretariat guna mempersiapkan mereka menghadapi kemungkinan persetujuan sejalan dengan prosedur nasional masing-masing pada KTT berikutnya.

Dewan Turki juga mengekspresikan solidaritas dengan pemerintah dan rakyat Azerbaijan dalam upaya mereka untuk merehabilitasi, membangun kembali, dan mengintegrasikan kembali tanah-tanah yang dibebaskan di Nagorno-Karabakh.

“(Dewan) mendukung normalisasi hubungan antara Armenia dan Azerbaijan atas dasar saling pengakuan dan penghormatan kepada kedaulatan masing-masing, keutuhan wilayah, dan perbatasan yang diakui secara internasional yang tidak dapat diganggu gugat.”

Deklarasi tersebut menekankan pentingnya menetapkan tujuan yang lebih ambisius dan dapat dicapai dari sudut pandang ekonomi dan secara efektif melaksanakan proyek regional yang memiliki kepentingan strategis, terutama di bidang transportasi, bea cukai, energi dan infrastruktur.

Baca juga  Armenia serang komplek perkuburan Azerbaijan, tewaskan warga sipil yang sedang ziarah

KTT Dewan Turki ke-8 dijadwalkan akan diadakan di Istanbul, Turki pada 12 November 2021, tergantung pada situasi pandemi Covid-19, kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan.

Dewan tersebut didirikan pada 2009 sebagai organisasi antar pemerintah dengan tujuan menyeluruh untuk mempromosikan kerja sama komprehensif di antara negara-negara berbahasa Turki.

Organisasi ini terdiri dari Azerbaijan, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Turki dan Uzbekistan sebagai negara anggota dan Hongaria sebagai negara pengamat.

Sumber: Anadolu Agency English

4.3 4 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: