Sabtu, Agustus 13, 2022
Politik

“Di mana kamu Erdogan, terkutuklah kamu!” Hina Erdogan & ibunya, ketua CHP Istanbul didenda 56.000 lira

"Di mana kamu Erdogan, terkutuklah kamu!" Hina Erdogan & ibunya, ketua CHP Istanbul didenda 56.000 lira - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Ketua oposisi utama Partai Rakyat Republik (CHP) untuk wilayah Istanbul, Canan Kaftancıoğlu, pada hari Kamis diperintahkan untuk membayar TL 56.000 ($ 6.791) sebagai kompensasi kepada Presiden Recep Tayyip Erdoğan sehubungan dengan postingan hinaan di media sosial.

Pengacara Erdoğan, Ferah Yıldız dan Ümit Kudbay menghadiri sidang keputusan di Pengadilan Sipil Tingkat Pertama Büyükçekmece, di mana pengacara Kaftancıoğlu, Mehmet Süleyman Türker juga hadir.

Pengacara Erdoğan menuntut kompensasi untuk setiap gugatan, sementara pengacara Kaftancıoğlu meminta pembatalan kasus tersebut karena kliennya tidak bermaksud menghina.

Pengadilan memerintahkan terdakwa Kaftancıoğlu membayar TL 56.000 kepada Erdoğan untuk ganti rugi non-uang.

Kaftancıoğlu membagikan banyak cuitan yang menghina tentang presiden yang menyebabkan dia digugat. Misalnya, pada tahun 2014, Kaftancıoğlu dalam cuitannya dia menulis “‘Di mana kamu Erdogan, terkutuklah kamu!’ adalah slogan baru kami sekarang!” Dalam cuitan lainnya tahun 2016, dia membagikan gambar tulisan di jalan. Tulisan itu tidak hanya menghina Erdogan tetapi juga ibunya.

Kepala CHP Istanbul itu telah menjadi tokoh yang sangat kontroversial di masyarakat Turki atas komentar dan tindakannya. Dia sebelumnya menyatakan dukungan untuk pemimpin kelompok teroris PKK, Sakine Cansız, yang dibunuh di Paris dalam kemungkinan perseteruan internal pada tahun 2013. Dua hari setelah pembunuhan itu, Kaftancıoğlu menulis di akun Twitter-nya bahwa “kemanusiaan telah hilang,” mengutip salah satu pernyataan Cansız untuk kalangan wanita.

Dia bahkan telah melihat reaksi keras dari basis pemilih CHP sendiri tetapi tetap mempertahankan jabatannya meskipun ada tantangan serius. Selama masa kampanye untuk pemilihan 31 Maret, dia mengumumkan bahwa dirinya akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai reaksi atas pemilihan calon walikota. Namun, dia kemudian membatalkan pengunduran dirinya.

Baca juga  CHP mulai diskriminasi pengungsi Suriah

CHP juga menuai kritik karena melakukan aliansi tidak resmi dengan Partai Rakyat Demokratik Rakyat (HDP) yang pro-PKK dalam pemilihan lokal.

Sumber: Daily Sabah

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Khairil Basri Nasution
Khairil Basri Nasution
1 year ago

Termasuk Demokratis Negara Turkey ya…., cuma di denda…
Coba disini, wuihhhh. Penjara menanti.. 😂

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: