- Advertisement -
Teknologi

Diklaim setara S-400 Rusia, rudal Siper Turki akan masuk inventaris militer akhir 2022

rudal Siper Turkirudal Siper Turki

ANKARA – Rudal Siper Turki, sistem pertahanan udara jarak jauh yang dikembangkan di dalam negeri, akan menyelesaikan bagian terpenting dari pertahanan udara berlapis negara itu tahun depan, kata kepala produsen rudal, Roketsan, Rabu.

Murat Akinci mengatakan kepada Anadolu Agency (AA) bahwa sistem tersebut akan memasuki inventaris Angkatan Bersenjata Turki (TSK) pada akhir tahun ini.

Berbicara di Teknofest, acara teknologi terbesar di negara itu yang sedang berlangsungdi wilayah Laut Hitam Türkiye, ia mencatat bahwa hanya sedikit negara yang mampu memproduksi sistem pertahanan udara semacam ini.

“Jika Türkiye membuat Siper dapat digunakan di lapangan, itu akan menjadi sukses besar,”  tambahnya.

Pada tahun 2018, Direktorat Industri Pertahanan (SSB) menandatangani perjanjian dengan raksasa pertahanan lokal Aselsan, Roketsan dan Institut Penelitian dan Pengembangan Industri Pertahanan (SAGE) dari Dewan Penelitian Ilmiah dan Teknologi Turki (TÜBITAK) untuk memproduksi sistem pertahanan udara Siper.

Sistem ini akan memiliki kapasitas untuk melawan pesawat, rudal jelajah, rudal udara-ke-darat, dan kendaraan udara tak berawak (UAV).

Dalam tes yang sukses baru-baru ini, Siper mencapai target dari jarak lebih dari 90 kilometer (56 mil) pada ketinggian lebih dari 7.925 meter (26.000 kaki).

Di bawah proyek tersebut, Rudal Blok I Siper, dengan jangkauan lebih dari 70 kilometer (43,5 mil), direncanakan akan mulai digunakan tahun depan.

Blok Siper II, yang akan digunakan nanti, direncanakan memiliki jangkauan lebih dari 100 kilometer (62,1 mil) dan kemampuan manuver yang unggul.

Selain Siper, yang diperkirakan akan menyaingi sistem S-400 Rusia, sistem pertahanan udara Korkut, Sungur dan Hisar semuanya sudah siap.

Sumber: Daily Sabah

admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: