Sabtu, Agustus 13, 2022
Teknologi

Dinilai ampuh lawan Rusia, berikut spesifikasi dan harga drone Bayraktar TB2

bayraktar TB2
bayraktar TB2

TURKINESIA.NET – KIEV. Sebuah video memperlihatkan pasukan pertahanan Ukraina melumpuhkan senjata Rusia menggunakan drone Bayraktar TB2, viral di media sosial.

Dalam unggahan yang beredar drone tersebut terlihat mengintai sistem rudal permukaan Rusia dan menghancurkannya.

Panglima Angkatan Bersenjata Ukraina Valerii Zaluzhnyi menyebut serangan drone tersebut dilakukan di dekat Kota Malyn sekitar 100 kilometer barat laut Kiev.

Usai keberhasilan Bayraktar TB2 menghancurkan beberapa sistem peluncur roket Rusia, Pasukan Ukraina bahkan mengunggah video berisi sindiran untuk pasukan Rusia.

Walikota Ibu Kota Kiev bahkan ikut mengatakan di Telegram bahwa seekor lemur yang lahir di kebun binatang Kiev diberi nama Bayraktar sebagai penghormatan atas drone tersebut.

Drone Bayraktar TB2 adalah drone buatan Turki yang dikenal sebagai drone murah. Meski demikian, Duta Besar Ukraina untuk Turki Vasyl Bodnar mengakui keunggulan drone ini.

Berikut spesifikasi dan harga drone Bayraktar TB2:

Spesifikasi Drone Bayraktar TB2 Dikutip dari Kompas.com, (2/3/2022), Bayraktar TB2 adalah pesawat tanpa awak jenis Medium Altitude Long Endurance (MALE) yang diproduksi Baykar Makina.

Adapun kecepatan jelajah 70-120 knot dengan ketinggian penerbangan operasional 27.030 kaki. Pesawat drone ini memiliki rentang sayap 12 meter dan panjang body 6,5 meter.

Badan drone terbuat dari serat karbon, kevlar, dan komposit hibrida.

Sementara untuk segmen sambungannya merupakan bagian alumunium mesin kontrol numerik komputer (CNC) presisi.

Bayraktar TB 2 terdiri dari enam kendaraan udara, dua stasiun kontrol darat, tiga terminal data, dua terminal video jarak jauh, dan peralatan pendukung.

Walaupun hanya bisa membawa amunisi terbatas, drone ini mampu menghancurkan kendaraan lapis baja.

Drone Bayraktar TB2 dilengkapi dengan sensor statis Pitot, laser altimeter dan modul sensor alpha beta, sensor kecepatan, suhu, dan tingkat bahan bakar.

Baca juga  Erdogan: Pesawat tempur nirawak Turki akan terbang tahun 2023

Harga Drone Bayraktar TB2 Dikutip dari Quartz,  TB2 merupakan kendaraan terbang otonom yang dapat meluncurkan rudal.

Drone ini dikembangkan di Turki selama beberapa dekade terakhir setelah AS menolak untuk menjual drone buatannya, seperti Reaper.

Drone Bayraktar TB2 memiliki harga sekitar 1 juta dollar AS atau Rp 14 Miliar.

Dikutip dari Fortune, Drone Bayraktar TB2 adalah kendaraan tak berawak pertama Turki.

Meskipun ia tak secanggih Drone Reaper, tetapi daya tariknya terletak pada rasio biaya dan manfaat yang sangat efisien di medan perang.

Drone ini mudah dipakai dibandingkan dengan persenjataan berteknologi tinggi lainnya.

Drone memiliki jangkauan terbatas sekitar 150 km dan dapat terbang di udara selama lebih dari 24 jam untuk menunggu saat yang tepat untuk menyerang.

“Ini memberi Ukraina keunggulan kualitatif baru atas musuh,” ujar Juru Bicara Komando Angkatan Udara Ukraina Letnan Kolonel Yuri Ignat.

Drone Bayraktar TB2 telah terlihat digunakan saat konflik Turki, Libya dan Suria.

Selain itu drone ini juga menarik perhatian publik saat perang Azerbaijan dan Armenia. Di mana Azerbaijan muncul sebagai pemenang berkat pemakaian TB2 untuk menghancurkan tank dan artileri Armenia yang relatif maju.

Di konflik Ukraina ini, saat berbagai pakar militer menilai militer Rusia jauh lebih maju dan akan berhasil menduduki Ukraina, TB2 membantu Ukraina memanfaatkan masalah logistik yang mampu membuat konvoi Rusia terdampar.

Walaupun drone ini rentan terhadap serangan jet tempur, helikopter, dan rudal, tetapi sejauh ini keberhasilannya adalah berkat operasi drone yang dilakukan secara mengejutkan.

Sumber: Kompas.com

2.3 3 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: