Sabtu, Agustus 20, 2022
Asia

Dubes Turki bertemu delegasi perdamaian Afghanistan di Doha

Dubes Turki bertemu delegasi perdamaian Afghanistan di Doha - Turkinesia

TURKINESIA.NET – DOHA. Duta Besar Hakan Tekin, direktur jenderal untuk kawasan Asia Selatan di Kementerian Luar Negeri Turki, bertemu Massoum Stanekzai, negosiator perdamaian utama pemerintah Afghanistan, di ibu kota Doha, Qatar, pada 8 Juni.

Menurut sebuah pernyataan oleh tim perunding di Kabul, Stanekzai dan Tekin membahas cara dan sarana untuk mempercepat upaya perdamaian yang terhenti.

Stanekzai mengekspresikan “penghargaan” atas upaya Turki dalam proses perdamaian Afghanistan. Ia mengatakan Turki memiliki hubungan historis dengan Afghanistan dan menyambut “peran konstruktifnya.”

Diplomat Turki itu mengulangi tekad Ankara untuk mendukung rakyat Afghanistan dan mendukung proses perdamaian.

Dalam sebuah wawancara dengan Anadolu Agency pada bulan Maret, Tekin mengatakan pembicaraan damai di Afghanistan harus melampaui kesepakatan yang ada antara AS dan Taliban.

Pada bulan April, Turki menunda konferensi perdamaian di Istanbul yang dianggap penting bagi masa depan Afghanistan di tengah penarikan pasukan asing dan meningkatnya kekerasan.

Presiden AS Joe Biden telah mengumumkan bahwa semua pasukannya akan mundur dari Afghanistan pada 11 September, disusul kemudian oleh sekutu NATO. Sejak pengumuman itu, telah terjadi lonjakan kekerasan di seluruh negeri.

Menurut Komando Pusat Amerika Serikat, penarikan AS dari Afghanistan sudah lebih dari setengahnya.

Sumber: Hurriyet Daily News

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: