Tuesday, March 5, 2024
Internasional

Edogan enggan bertemu, Penasehat Keamanan AS tinggalkan Turki

TURKINESIA.NET – ANKARA. Penasihat Keamanan Nasional Presiden AS Donald Trump John Bolton meninggalkan Ankara setelah Presiden Recep Tayyip Erdogan menolak pertemuan yang diminta.

Erdogan pada hari sebelumnya mengecam pernyataan Bolton yang menyatakan bahwa syarat Washington untuk penarikan pasukan dari Suriah adalah bahwa Turki melindungi Unit Perlindungan Rakyat (YPG) yang berafiliasi dengan PKK di Suriah.

Selanjutnya Erdogan mengatakan kepada wartawan bahwa Penasihat Presiden Ibrahim Kalın adalah mitra Bolton dari Turki. Keduanya mengadakan pertemuan  di Kompleks kepresidenan di Ankara pada hari Selasa untuk membahas Suriah.

Kalın mengatakan kepada anggota pers pada Selasa sore bahwa presiden tidak menjanjikan pertemuan dengan Bolton dan itu tidak termasuk dalam jadwal kunjungan. Dia mengatakan masalah yang dihadapi kedua negara dibahas dengan Bolton selama jadwalnya di Ankara.

Erdogan mengatakan pada pertemuan kelompok parlemen Partai Keadilan dan Pembangunan (AK Party) pada Selasa pagi bahwa komentar Bolton tentang YPG tidak dapat diterima, dan bahwa Turki tidak dapat menerima kondisi AS kondisi yang melindungi teroris YPG.

Pada hari Minggu Bolton mengatakan bahwa penarikan militer AS dari timur laut Suriah dikondisikan untuk mengalahkan sisa-sisa kelompok teroris Daesh dan Turki harus memastikan keselamatan pejuang yang bersekutu dengan Amerika Serikat – Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didominasi oleh YPG teroris.

Bolton dan Kalin berdiskusi mengenai keputusan Amerika Serikat untuk menarik diri dari Suriah, juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS Garrett Marquis mengatakan setelah pertemuan Selasa pagi.

Marquis menambahkan dalam sebuah pernyataan bahwa kedua belah pihak telah mengidentifikasi masalah lebih lanjut untuk dialog dan bahwa AS berharap untuk konsultasi militer-ke-militer yang sedang berlangsung.

Ketua Kepala Staf Gabungan AS Jenderal Joseph Dunford dan James Jeffrey, perwakilan khusus AS untuk Suriah dan utusan khusus untuk koalisi anti-Daesh, juga menghadiri pertemuan yang berlangsung lebih dari dua jam. [Daily Sabah]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d