- Advertisement -
Internasional

Ekspor tomat Turki ke  Rusia meningkat 14 kali lipat dibanding tahun lalu

TURKINESIA.NET – ANKARA. Ekspor tomat Turki ke Federasi Rusia mengalami peningkatan 14 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, mencapai nilai 30,6 juta USD.

Menurut Asosiasi Eksportir Laut Hitam Timur (DKİB), 37.107 ton tomat dikirim ke Rusia pada tahun 2018. Sementara itu, sekitar 2.075 ton tomat senilai 2,2 juta USD diekspor ke negara tersebut pada tahun 2017; dengan demikian, ekspor tomat ke Rusia meningkat 14 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Wakil Ketua DKİB dan Wakil Ketua Asosiasi Sektoral Asosiasi Buah dan Sayuran Segar Ahmet Hamdi Gürdoğan mengatakan Rusia adalah pasar yang penting bagi Turki. Dia menyebutkan bahwa Rusia pernah memberlakukan pembatasan impor tomat yang mengakibatkan penurunan ekspor. “Tetapi dengan dicabutnya pembatasan, ekspor tomat meningkat kembali,” katanya.

Dia mencatat bahwa karena larangan ekspor tomat berlanjut pada 2017 dan bahwa Federasi Rusia memberikan izin ekspor kepada sejumlah perusahaan terbatas dalam empat bulan pertama 2018, ekspor Turki mempertahankan level rendah pada 2017 dan dalam tiga pertama bulan 2018. Gürdoğan mengatakan bahwa setelah Rusia mencabut larangan ekspor tomat setelah April 2018, ekspor Turki memasuki tren naik.

“Kami percaya bahwa peningkatan ekspor ini akan semakin membaik pada 2019 dengan penyelesaian masalah yang dialami dalam ekspor ke Federasi Rusia dan pemulihan hambatan non-tarif untuk produk-produk Turki di pelabuhan,” tambahnya. Dia juga menekankan bahwa angka ekspor harus mencapai tingkat yang lebih tinggi. “DKİB melakukan segala upaya untuk mencapai tujuan itu,” katanya [Daily Sabah]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: