Minggu, September 25, 2022
Ekonomi

Energi surya dari tambang batu bara pasok listrik untuk 7 juta rumah di Turki

Energi surya dari tambang batu bara pasok listrik untuk 7 juta rumah di Turki - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Sekitar setengah dari tambang batu bara Turki yang terbuka cocok untuk dikonversi menjadi ladang tenaga surya.

Tenaga surya tersebut, yang akan meningkatkan kapasitas tenaga surya Turki sebesar 170 persen dan menghasilkan listrik yang cukup untuk memberi daya pada sekitar 6,9 juta rumah, kata sebuah laporan internasional.

Laporan “Solar Potential of Coal Sites in Turkey” yang diterbitkan oleh Europe Beyond Coal pada tanggal 23 Maret datang ketika negara-negara di seluruh Eropa mencari cara untuk secara cepat meningkatkan kapasitas energi terbarukan, juga dalam konteks invasi ke Ukraina dan melonjaknya harga bahan bakar fosil.

“Dalam busur sejarah yang kebetulan, tambang yang telah menyediakan batu bara, yang telah merusak iklim dan komunitas kita, dapat memainkan peran penting dalam mendekarbonisasi sistem energi kita dan mengatasi krisis iklim,” kata Duygu Kutluay, juru kampanye untuk “Eropa Selain Batubara.”

“Turki baru-baru ini meningkatkan ambisi iklimnya dengan meratifikasi Perjanjian Paris dan menetapkan tujuan nol bersih. Semakin cepat kita mulai mencapai target ini, semakin besar manfaatnya bagi kesehatan dan ekonomi kita, yang terpukul keras oleh kebakaran hutan akibat perubahan iklim tahun lalu, ” ungkapnya.

“Mengubah tambang batubara terbuka kami menjadi ladang tenaga surya akan mengurangi emisi CO2 tahunan kami dengan jumlah yang setara dengan sekitar 50 juta penumpang yang terbang dari Istanbul dan Roma. Ini adalah jenis rencana energi yang harus kita adopsi,” tambahnya.

Menurut Bahadır Turhan, ketua dewan di Solar3GW, penelitian ini “menegaskan bahwa negara-negara dengan tambang batu bara terbuka yang besar harus melihatnya sebagai aset transisi energi terbarukan.”

Sumber: Hurriyet Daily News

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: