- Advertisement -
Internasional

Erdogan akan hadiri kenaikan pangkat pejabat militer Turki

TURKINESIA.NET – ANKARA. Presiden Recep Tayyip Erdoğan menghadiri upacara kenaikan pangkat para para perwira militer, termasuk Komandan Angkatan Darat Kedua, Letnan Jenderal İsmail Metin Temel yang telah diangkat menjadi jenderal bintang empat, di Markas staf umum Turki di Ankara.

Erdogan dilaporkan akan secara pribadi menyerahkan peringkat Temel dan Naval Forces Cmdr. Adnan Özbal yang telah dipromosikan menjadi laksamana penuh.

Temel merupakan pemimpin operasi militer Olive Branch terhadap kelompok teroris YPG di provonsi Afrin, Suriah yang berafiliasi dengan teroris PKK di wilayah Turki.

Muharrem Ince, pesaing Erdogan dalam Pemilu 24 Juni pernah menyerang secara verbal terhada Temel saat Jenderal ini bertepuk tangan bagi Erdogan saat menyampaikan pidato di sebuah acara di tenggara provinsi Malatya.

“Saya akan membuat dia pensiun pada 30 Agustus dan mencopot pangkat di pundaknya,” kata İnce dalam pidatonya di provinsi Izmir barat menjelang pemilihan presiden dan parlemen pada 24 Juni. Ince akhirnya kalah dalam pemilu dengan sekitar 22 persen suara, berada di urutan kedua di belakang Erdoğan yang mengklaim kemenangan dengan 52,4 persen.

İnce mengatakan bahwa tepuk tangan Temel [untuk Erdoğan] bertentangan dengan objektivitasnya sebagai seorang perwira. Mengenai masalah ini, Erdogan telah menanggapi İnce dengan mengatakan bahwa İnce bertindak seolah-olah benar-benar dia ingin menjadi “raja” negara.

Temel bertanggung jawab atas Operasi Olive Branch di Afrin, Suriah. Dia dipuji oleh berbagai kalangan masyarakat karena sukses melakukan operasi. Turki meluncurkan Operation Olive Branch pada 20 Januari untuk menghilangkan teroris YPG dari Afrin. Dalam promosi kenaikan pangkat baru-baru ini disetujui oleh Dewan Militer Tertinggi (YAŞ), setidaknya sembilan jenderal dan laksamana telah diangkat ke jajaran yang lebih tinggi, sementara 41 kolonel telah dipromosikan menjadi pangkat jenderal.

Baca juga  Menhan Turki dan Sekjen NATO bahas Suriah dan Libya

Tenor 13 jenderal juga telah diperpanjang selama satu tahun dan tenor dari 383 kolonel selama dua tahun.

Pertemuan YAŞ adalah pertemuan dua tahunan untuk membahas pengangkatan dan pengunduran diri para pejabat dan jenderal perwira tinggi serta pemindahan tempat tugas personil militer.

 

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: