Sabtu, Agustus 13, 2022
Timur Tengah

Erdogan akan kunjungi UEA, takziah atas meninggalnya Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan

Erdoğan akan berkunjung ke Uni Emirat Arab
Uni Emirat Arab

TURKINESIA.NET – ANKARA. Presiden Recep Tayyip Erdoğan akan berkunjung ke Uni Emirat Arab (UEA) pada hari Selasa. Kunjungan itu untuk menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Presiden UEA Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan dan juga bertemu dengan presiden baru Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

Selama perjalanannya ke Abu Dhabi, Erdogan akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Sheikh Mohammed, menurut pernyataan Direktorat Komunikasi Turki.

Selama akhir pekan, sederet pemimpin dunia termasuk Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson datang ke UEA untuk menghormati mendiang Sheikh Khalifa.

Wakil Presiden AS Kamala Harris memimpin delegasi Amerikat ke UEA pada hari Senin. Delegasi tersebut antara lain antara lain Menteri Luar Negeri Antony Blinken, Menteri Pertahanan Lloyd Austin, Direktur CIA William Burns dan utusan iklim John Kerry.

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) juga menuju ke UEA pada hari Senin untuk menyampaikan belasungkawa, media pemerintah melaporkan.

MBZ telah menjabat sebagai penguasa de facto negara itu dan membentuk kebijakan luar negeri negara itu sejak Sheikh Khalifa menderita stroke hampir satu dekade lalu.

Sheikh Khalifa, penguasa UEA yang sudah lama sakit, juga dikenal sebagai modernis pro-Barat yang telah menyelaraskan negara Teluk Arab lebih dekat dengan Amerika Serikat dan sekutunya, meninggal pada usia 73 tahun setelah berjuang melawan penyakit selama beberapa tahun.

Lahir pada tahun 1948, Sheikh Khalifa dipilih pada tahun 2004 untuk menggantikan ayahnya yang telah lama menjabat, Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, yang naik takhta pada tahun 1971.

Sumber: Daily Sabah

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: