- Advertisement -
Internasional

Erdogan dan Putin bahas kerja sama perdagangan dan pariwisata di sela-sela KTT G20

TURKINESIA.NET – OSAKA. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menegaskan kembali bahwa tidak ada penundaan dalam pengiriman sistem pertahanan rudal S-400 dari Rusia.

“Pengiriman S-400 ke Turki berjalan sesuai rencana, dan tidak ada perubahan dalam kesepakatan dengan Moskow,” kata Erdogan, beberapa menit jelang pertemuannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di sela-sela KTT G20 di Jepang.

Diskusi keduanya berlangsung selama 55 menit.

https://twitter.com/Turkinesia_Net/status/1144902379843620865

Menurut Erdogan, produksi rudal bersama dan transfer teknologi merupakan prioritas bagi Turki.

Karena upayanya untuk membeli sistem pertahanan udara Patriot dari Amerika Serikat tak kunjung membuahkan hasil, Ankara pun memutuskan membelinya dari Rusia pada 2017.

Di sisi lain, para pejabat AS menganggap sistem S-400 tidak kompatibel dengan sistem NATO, namun Turki menegaskan bahwa S-400 tidak akan diintegrasikan ke dalam pengoperasian NATO sehingga tidak akan menimbulkan ancaman bagi aliansi.

Selama pertemuan tersebut, presiden Turki juga membahas sektor pariwisata. Menurutnya, minat warga Rusia terhadap pariwisata Turki terus meningkat.

[adinserter name=”Block 1″]

“Sebanyak enam juta wisatawan Rusia mengunjungi Turki tahun lalu. Ini adalah sebuah rekor baru,” kata Putin mengkonfirmasi pernyataan Erdogan.

Putin juga mengatakan volume perdagangan antara kedua negara telah meningkat sebesar 15 persen.

“Dari kedua sisi, ada sekitar USD10 miliar dalam investasi. Selain itu, platform investasi bersama senilai EUR900 juta sedang berlangsung,” tambah dia.  [Anadolu Agency]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: