Selasa, September 27, 2022
Timur Tengah

Erdogan desak pengerahan pasukan internasional untuk lindungi warga Palestina

Erdogan desak pengerahan pasukan internasional untuk lindungi warga Palestina - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Rabu melontarkan gagasan pengiriman pasukan internasional untuk melindungi warga sipil Palestina dari agresi Israel.

Sebagaimana dilansir Anadolu Agency, Erdogan mengatakan kepada Putin bahwa komunitas internasional perlu memberikan pelajaran yang “kuat dan membuat jera Israel.” Ankara sedang bekerja untuk memobilisasi reaksi ini, menurut pernyataan dari Direktorat Komunikasi Turki.

Erdogan juga menyerukan agar pengiriman pasukan penjaga perdamaian internasional ke wilayah tersebut harus dilakukan guna membantu melindungi warga Palestina, sebuah proposal yang dibuat Turki sejak 2018.

Dalam sebuah pernyataan, kata direktorat, Presiden Turki Erdogan dan sejawatnya dari Rusia Vladimir Putin berbincang via telepon soal hubungan bilateral dan isu kawasan, terutama serangan Israel terhadap Palestina.

Dalam pembicaraan tersebut, kedua presiden membahas perkembangan terbaru di Palestina serta pengiriman vaksin Sputnik V ke Turki.

Presiden Turki menyambut baik pernyataan Kementerian Luar Negeri Rusia tentang parameter PBB dan solusi dua negara di Palestina. Itu merupakan pesan penting untuk menunjukkan bahwa Ankara dan Moskow memiliki sikap yang sama tentang perkembangan di Yerusalem, kata Erdogan.

Dia mendesak Dewan Keamanan PBB untuk terlibat dalam masalah ini dan memberikan pesan yang tegas dan jelas kepada Israel untuk menghentikan serangannya terhadap Palestina sebelum krisis ini berkembang lebih jauh.

Erdogan mengatakan dirinya yakin Turki dan Rusia akan menunjukkan kerja sama yang erat dalam topik-topik itu di PBB.

Presiden Rusia Putin, pada bagiannya, mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada rakyat Turki.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Aljazair Sabri Boukadoum mengatakan pada 12 Mei bahwa Aljazair sedang berkoordinasi dengan Turki untuk menghentikan agresi Israel terhadap Palestina.

Baca juga  FSA siap berjuang bersama Turki

Boukadoum dan sejawatnya dari Turki Mevlüt Çavuşoğlu berbicara melalui telepon untuk membahas perkembangan di wilayah Palestina.

“Saya berterima kasih kepada kolega saya Mevlut Çavuşoğlu, Menteri Luar Negeri Turki, atas panggilan telepon untuk mengkoordinasikan upaya menghadapi agresi [Israel] terhadap saudara-saudara kita di Palestina.” Boukadoum menulis di Twitter.

Pada 11 Mei, Cavusoglu mengatakan Turki memimpin upaya untuk mengeluarkan resolusi oleh Majelis Umum PBB tentang serangan Israel terhadap Palestina.

Cavusoglu menegaskan bahwa Turki akan melanjutkan upayanya untuk membela hak-hak rakyat Palestina, dengan mengatakan Ankara memimpin upaya diplomatik pada tingkat tinggi tentang situasi di tanah Palestina.

Setidaknya 48 warga Palestina telah tewas dan 304 lainnya terluka dalam serangan Israel di Jalur Gaza di tengah ketegangan di seluruh wilayah Palestina setelah polisi Israel menyerbu kompleks Masjid al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki dan menyerang jamaah yang bertahan di sana.

Lima warga Israel juga tewas dan 45 lainnya terluka dalam tembakan roket Palestina.

Ketegangan meningkat sejak pekan lalu setelah pengadilan Israel memerintahkan penggusuran keluarga Palestina di daerah Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur. Anadolu Agency, Hurriyet Daily News

4 3 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ade Candra Santosa
Ade Candra Santosa
1 year ago

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

نِعْمَ ٱلْمَوْلَىٰ وَنِعْمَ ٱلنَّصِيرُ

لاحول ولا قوة الا بالله

Semoga Allah memudahkan Mr. Erdogan dan memenangkan Islam.

Aamiin

Aamiin

Aamiin

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: