- Advertisement -
Humanitarian

Erdogan: Lebih dari 530.000 pengungsi Suriah sukarela kembali ke zona aman

kamp pengungsi Suriahkamp pengungsi Suriah

Türkiye telah memastikan kembalinya sekitar 530.000 pengungsi Suriah secara sukarela ke zona aman di Suriah, kata Presiden Recep Tayyip Erdogan pada hari Jumat.

“Kami telah memastikan pengembalian sukarela sekitar 530.000 orang ke zona aman yang kami buat di Suriah,” kata Erdogan di sebuah acara di ibu kota Ankara.

Lebih dari 3,7 juta warga Suriah saat ini tinggal di Türkiye, menjadikannya negara penerima pengungsi terbesar di dunia. Sejak dimulainya perang sipil berdarah di Suriah, Türkiye mengadopsi kebijakan “pintu terbuka” bagi warga Suriah yang melarikan diri dari penganiayaan dan kebrutalan.

Erdogan mengatakan: “Kami telah menggagalkan upaya untuk menciptakan koridor teror di sepanjang perbatasan selatan kami dengan operasi Euphrates Shield, Olive Branch, Claw, Peace Spring, Spring Shield and Claw-Lock.”

Türkiye meluncurkan Operasi Claw-Lock pada bulan April untuk menargetkan tempat persembunyian organisasi teror PKK di wilayah Metina, Zap, dan Avasin-Basyan di Irak utara dekat perbatasan Turki.

Operasi itu didahului oleh Operasi Claw-Tiger dan Claw-Eagle yang diluncurkan pada tahun 2020 untuk membasmi teroris yang bersembunyi di Irak utara dan merencanakan serangan lintas batas di Türkiye.

Sejak 2016, Ankara telah meluncurkan tiga operasi anti-teror yang berhasil melintasi perbatasannya di Suriah utara untuk mencegah pembentukan koridor teror dan memungkinkan penyelesaian damai penduduk: Perisai Eufrat (2016), Ranting Zaitun (2018), dan Perdamaian Musim semi (2019).

Dalam lebih dari 35 tahun kampanye terornya melawan Türkiye, PKK – yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Türkiye, AS, dan UE – bertanggung jawab atas kematian lebih dari 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak, dan bayi. YPG adalah cabang PKK di Suriah.

Sumber: Yenisafak

admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: