Senin, Oktober 3, 2022
Erdoganpedia

Erdogan: Mengembalikan Hagia Sophia menjadi masjid impian terbesar kami sejak muda

Erdogan: Mengembalikan Hagia Sophia menjadi masjid impian terbesar kami sejak muda - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Jumat mengatakan bahwa “sejujurnya, pengembalian Hagia Sophia menjadi masjid adalah impian terbesar kami ketika kami masih muda. Kami terutama senang membuat impian menjadi kenyataan.”

Menjawab pertanyaan para wartawan setelah shalat Jumat menyangkut reaksi asing terhadap pengembalian Hagia Sophia menjadi masjid, presiden mengatakan itu batal demi hukum.

“Ini adalah masalah politik dalam negeri kami. Tidak ada yang memiliki hak untuk campur tangan dalam masalah ini,” kata presiden

Erdogan mengatakan bahwa sebanyak 1.000 hingga 1.500 orang akan menghadiri shalat Jumat pertama di Hagia Sophia pekan depan.

Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar juga mengomentari tentang Hagia Sophia pada hari Jumat. Akar mengatakan bahwa kedaulatan Hagia Sophia adalah milik Turki dan tidak ada negara lain yang boleh berkomentar mengenai pengembaliannya ke masjid.

“Semua orang harus tahu tempat mereka,” kata menteri.

Pengadilan tinggi administrasi  Turki minggu lalu membatalkan dekrit pemerintah 1934 yang mengubah Hagia Sophia menjadi museum. Keputusan yang telah lama ditunggu itu membuka jalan bagi bangunan ikonik di Istanbul untuk digunakan sebagai masjid.

Hagia Sophia, salah satu situs bersejarah dan warisan budaya paling penting di dunia, dibangun pada abad keenam pada masa pemerintahan Kekaisaran Bizantium dan menjadi Gereja Ortodoks Yunani. Bangunan itu dikonversi menjadi masjid setelah Ottoman menaklukkan Istanbul pada tahun 1453. Struktur diubah menjadi museum selama pemerintahan partai tunggal sekuler pada tahun 1935.

Masjid Hagia Sophia akan dibuka untuk shalat pada 24 Juli. Persiapan untuk hari besar itu telah dimulai dengan penghapusan papan nama museum dan kantor penjualan tiket. Sebelum dibuka untuk shalat, bangunan itu telah menyaksikan arus besar pengunjung Turki dan asing.

Baca juga  Usai shalat Jum’at, Erdogan sampaikan nasehat menyentuh kepada para pemuda

Sekelompok orang, berusaha untuk melakukan shalat Jumat mereka dalam bangunan Hagia Sophia, namun pasukan keamanan mengarahkan kelompok itu ke Masjid Sultanahmet (Biru) yang terletak tepat di seberang Hagia Sophia.

Sumber: Daily Sabah

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Achmad Noh Salim
2 years ago

Semangat terus pak,

Biarkan anjing2 bergonggongan

Tujuan selanjut nya bebas kan mesjid Al Aqsa,rebut Yerusalem dari org kapir.
error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: