- Advertisement -
Politik

Erdogan: Pilkada mendatang akan jadi akhir bagi CHP

TURKINESIA.NET – ANKARA. Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan Selasa [29/01], bahwa Pilkada Turki pada 31 Maret mendatang akan melumpuhkan partai oposisi utama.

“Saya percaya bahwa Partai Rakyat Republik (CHP) secara bertahap akan terpinggirkan dan akan meninggalkan persamaan politik seperti kita, Partai Keadilan dan Pembangunan [AKP] dan Aliansi Rakyat [dengan Partai Gerakan Nasionalis (MHP)] memperkuat ikatan kita dengan bangsa,” kata Erdogan pada pertemuan antar pejabat pemilihan provinsi di ibukota Ankara.

Erdogan memperjelas bahwa pemilihan lokal yang akan datang akan menjadi tonggak untuk menandai berakhirnya CHP.

Dalam jajak pendapat yang akan datang, AKP dan MHP telah sepakat untuk mendukung kandidat masing-masing di beberapa kabupaten dan provinsi, sementara CHP dan İP memiliki kesepakatan yang sama.

“Sekarang, mereka membentuk aliansi melawan Aliansi Rakyat dengan pendukung mereka. Namun, mereka tidak akan berhasil. Saya percaya bahwa warga saya akan memberikan respon yang diperlukan di kotak suara pada 31 Maret,” kata Erdogan.

Tiga belas partai politik akan bersaing dalam pemilihan lokal Turki. Pilkada lokal Turki diadakan setiap lima tahun untuk memilih 1.398 walikota di seluruh negeri. Di antaranya terdiri dari 30 kota di 81 provinsi dan 921 kota kabupaten. Para pemilih juga akan memilih anggota dewan kota di perkotaan.

Erdogan mengatakan bahwa mereka akan menghormati semua hasil pemilu terlepas dari siapa yang menang atau kalah.

“Jika ada masalah, kita harus mengakui bahwa itu karena kita, bukan karena kotak suara [hasil pemilu],” katanya.

“Menurut pemahaman kami, seseorang tidak akan keras kepala dengan rakyat tetapi sebaliknya, patuh padanya,” katanya, seraya menambahkan bahwa jika mereka kalah dalam pemilihan, mereka harus mempertanyakan ikatan emosional mereka dengan rakyat.

Baca juga  Kantor Partai AK diserang dengan bom molotov

“Namun,” dia menekankan, “akan lebih akurat jika kita melakukan pertanyaan ini sekarang dan memperbaiki masalah kita sebelum pergi ke kotak suara.” [Daily Sabah]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: