Rabu, Agustus 10, 2022
Eropa

Erdogan & Putin bahas pengiriman vaksin Sputnik V

Erdogan & Putin bahas pengiriman vaksin Sputnik V - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Presiden Recep Tayyip Erdoğan dan Presiden Rusia Vladimir Putin membahas pengiriman vaksin Sputnik V dalam panggilan telepon, Rabu.

Selain mengenai pasokan vaksin Sputnik V buatan Rusia, kedua pemimpin juga membahas perang melawan Covid-19.

Selama panggilan telepon, Putin menekankan kesiapan Rusia untuk memulai pengiriman vaksin Sputnik V ke Turki bulan ini, kata Kremlin dalam sebuah pernyataan.

Rusia dan Turki juga sedang mengerjakan produksi bersama Sputnik V di Turki.

Menurut pernyataan itu, kedua belah pihak memiliki pandangan yang sama bahwa tindakan anti-pandemi akan memungkinkan untuk mencapai perbaikan situasi yang drastis dan untuk melanjutkan hubungan wisata bilateral

Kedua presiden juga memuji kerja sama kedua negara di Suriah dan setuju untuk melanjutkan upaya mereka atas solusi politik.

Mereka juga sepakat untuk lebih mendukung upaya Pemerintah Kesepakatan Nasional Libya memperkuat integritas negara dengan mempertimbangkan kepentingan kekuatan politik utama dan wilayah, kata pernyataan itu.

Terkait kesepakatan Nagorno-Karabakh yang dicapai November lalu, Erdogan membahas aktivitas “Pusat Pemantauan Gencatan Senjata Rusia-Turki” dan semua operasi militer di bekas zona konflik.

Secara terpisah, pernyataan dari Kepresidenan Turki mengatakan Erdogan “menyuarakan harapan Turki bahwa pengiriman vaksin Sputnik V yang akan dikirim dari Rusia ke Turki sesuai dengan kesepakatan yang dibuat, akan dilakukan sesuai rencana.”

Erdogan juga menyambut baik penambahan produksi vaksin ke banyak bidang kerja sama yang ada antara kedua negara, kata pernyataan itu.

Presiden Turki dan Rusia telah berbicara di telepon tiga kali selama tahun ini, 13 Januari, 18 Februari, dan 9 April. Selain itu, melalui konferensi video pada 10 Maret kedua pemimpin menghadiri upacara peletakan batu pertama unit tenaga ketiga Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Akkuyu di Mersin, Turki selatan.

Baca juga  Menhan: Jangan coba-coba uji nyali Turki

Tahun lalu, Erdogan dan Putin mengadakan lebih dari 20 pertemuan tatap muka dan percakapan telepon.

Sumber: Daily Sabah, Anadolu Agency

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: