Kamis, Juni 30, 2022
Timur TengahErdoganpedia

Erdogan sebut hubungan Turki-UEA penting untuk perdamaian regional

hubungan Turki-UEA
hubungan Turki-UEA

TURKINESIA.NET – ABU DHABI. Sebuah istilah baru dalam hubungan Turki-UEA telah diluncurkan, ungkap Presiden Recep Tayyip Erdogan pada 14 Februari. Erdogan menekankan bahwa peningkatan hubungan antara kedua negara pada dasarnya penting untuk perdamaian dan stabilitas seluruh kawasan.

Perjalanan ke Uni Emirat Arab “menandai awal dari era baru dalam hubungan (kedua negara),” sebut Erdogan kepada wartawan di bandara Istanbul sebelum berangkat untuk perjalanan dua hari.

Erdogan memulai kunjungan dua harinya ke UEA untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade guna menghidupkan kembali hubungan yang telah lama tegang karena perselisihan regional.

“Kami berencana untuk mengambil langkah-langkah yang akan membawa hubungan kembali ke tingkat yang layak mereka dapatkan,” katanya.

Mengingat kunjungan terakhirnya ke UEA pada tahun 2013, Erdogan menyebutkan ada potensi besar dalam hubungan ekonomi dan perdagangan. Ia juga mengungkapkan keyakinannya bahwa kunjungan ini akan membuka jalan untuk memanfaatkan potensi ini.

Negara Teluk itu adalah salah satu mitra dagang terkemuka Turki, katanya.

“UEA juga berkontribusi pada investasi ekonomi dinamisnya di Turki. Tujuan dari kunjungan kami adalah untuk merealisasikan potensi ini dengan cepat. Saya akan bertemu dengan investor terkemuka,” tambahnya.

Hubungan antara Turki dan UEA sangat terpengaruh setelah blokade yang dipimpin blok Arab Saudi terhadap Qatar, termasuk UEA, yang berlangsung dari pertengahan 2017 hingga awal tahun lalu. Doha adalah salah satu sekutu terdekat Ankara.

UEA dan Turki mendukung pihak-pihak yang berseberangan dalam konflik Libya, di mana gencatan senjata yang rapuh telah diberlakukan sejak Oktober 2020.

Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan mengunjungi Ankara bulan lalu, melakukan perjalanan resmi pertamanya ke Turki sejak 2012 dan kunjungan tingkat tertinggi oleh seorang pejabat Emirat dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga  Panas mendengar kecaman Erdogan di Majelis Umum PBB, Dubes Israel tinggalkan ruangan

Erdogan dan putra mahkota UEA mengawasi penandatanganan beberapa investasi dan kesepakatan kerja sama pada 24 November tahun lalu.

UEA telah mengalokasikan dana $10 miliar untuk diinvestasikan di Turki, ungkap CEO Abu Dhabi Developmental Holding Company.

Turki dan UEA telah menyetujui kesepakatan pertukaran mata uang yang setara dengan $4,74 miliar, Bank Sentral Turki mengumumkan pada 19 Januari.

Selama kunjungannya ke Abu Dhabi, Erdogan diperkirakan akan menandatangani 12 perjanjian dengan mitra UEA, mulai dari media dan komunikasi hingga kesepakatan ekonomi dan pertahanan.

Erdogan mengatakan dalam op-ed akhir pekan di harian berbahasa Inggris Emirat Khaleej Times bahwa “Turki dan UEA bersama-sama dapat berkontribusi pada perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran regional.”

“Sebagai Turki, kami tidak memisahkan keamanan dan stabilitas UEA dan saudara-saudara kami yang lain di kawasan Teluk dari keamanan dan stabilitas negara kami sendiri,” kata Erdogan. “Kami percaya sepenuh hati pada pentingnya memperdalam kerja sama kami dalam konteks ini di masa depan.”

Sumber: Hurriyet Daily News

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Erdogan sebut hubungan Turki-UEA penting untuk perdamaian regional […]

trackback

[…] Erdogan sebut hubungan Turki-UEA penting untuk perdamaian regional […]

error: Content is protected !!
2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: